cara menghilangkan virus laptop

CARA MENGHILANGKAN VIRUS DI LAPTOP

Posted on

cara menghilangkan di laptop

Pada artikel kali ini sengaja saya akan membahas cara menghilangkan virus di laptop dengan mudah. Pentingnya pembahasan ini dilihat dari keberadaan virus yang sudah menjadi salah satu masalah bagi setiap orang yang mempunyai alat teknologi seperti laptop. Hal ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi mereka karena dapat merusak kinerja pada laptop sendiri. Hal itu bisa saja berdampak negatif karena kemungkinan besar -data pada laptop bisa saja hilang.

Salah satu penyebab adanya virus pada laptop karena penggunaan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada, seperti anda melakukan aktivitas di di mana file yang terdownload tersebut sudah terinfeksi dengan virus. Akhirnya virus pun akan berpindah ke perangkat anda.

Untuk itu sangatlah perlu anda mengetahui cara menghilangkan virus di laptop, karena hal tersebut akan memberikan manfaat bagi anda jika suatu saat nanti terdapat virus yang menyerang laptop anda.

5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop

1.Gunakan command promnt

Salah satu cara menghilangkan virus di laptop yang bisa digunakan dengan mudah adalah dengan memakai command promnt. Dengan menggunakan vitur tersebut maka anda tidak perlu menggunakan aplikasi .

  1. Cara mengaplikasikan dengan mengklik start dan ketik CMD, selanjutnya klik kanan untuk menjalankan administrator.
  2. Jika yang anda tuju adalah drive C, maka ketik dir D:attrib –s –h /s /d kemudian tekan enter
  3. Selanjutnya command promnt akan mengeksplorasi drive yang telah anda pilih dan memuat semua file pada drive.
  4. Carilah file yang menurut anda asing atau tidak pernah menginstall sebelumnya kemudian hapus melalui command promnt.
  5. Jika anda telah melakukan hal tersebut namun gagal untuk dihapus, maka anda dapat search melalui run kemudian hapus file tersebut.
Baca Juga  PENGERTIAN ARSIP ELEKTRONIK

2.Melalui task manager

Jika anda mencurigai laptop anda sedang terkena virus, maka cara menghilangkan virus di laptop yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan layanan yang mencurigakan dari task manager. Kemudian anda bisa mengecek adanya virus yang menggunakan task manager tersebut.

Adapun cara menggunakan task manager tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Tahap awal anda membuka task manager dengan memilih CTRL+SHIFT+ESCAPE. Kemudian lihat layanan yang menurut anda mencurigakan dan segera matikan.
  2. Selanjutnya jalankan MSConfig.
  3. Jika configuration telah masuk maka lanjutkan dengan memilih opsi service. Kemudian anda di haruskan untuk menghapus semua kolom centang yang sudah mencurigakan.
  4. Masuklah kebagian startup. Dibagian ini anda akan melihat file yang mencurigakan.
  5. Jika file mencurigakan sudah terlihat maka bukalah command promnt kemudian cari file yang mencurigakan dan hapuslah file tersebut.

3.Memakai antivirus

Selain menggunakan cara manual, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memakai apliaksi antivirus. Dengan menggunakan aplikasi antivirus anda juga dapat menghilangkan virus besar pada laptop anda. Ada beberapa macam antivirus yang bisa anda gunakan seperti smadav, avast, AVG, avira, norton, kaspersky dan beberapa aplikasi lainnya. Gunakanlah antivirus yang menurut anda adalah yang terbaik dari aplikasi lainnya. Kemudian lakukan update secara rutin  dan scanning dengan menjalankan antivirus tersebut. Jika ada virus yang menyusup maka aplikasi tersebut akan mendeteksi sebelum menyerang file anda dan membersihkan virus yang sudah terlanjur masuk pada laptop tersebut.

4.Format partisi

Format partisi berbeda dengan cara lain yang telah dipaparkan. Cara yang satu ini termasuk dalam golongan beresiko artinya anda bisa saja gagal untuk meraih kesuksesan. Hal ini hanya bisa dilakukan jika virus ini bersemayam di flashdisk atau memory card.

Baca Juga  Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli

5.Install ulang

Cara menghilangkan virus di laptop yang terakhir adalah dengan cara menginstall ulang laptop anda agar berbagai virus yang telah terdeteksi didalamnya bisa terhapus secara otomatis. Install ulang bisa dilakukan apabila infeksi yang terjadi pada windows sudah terbilang parah sehingga aplikasi antivirus sudah tidak dapat menjangkau virus tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *