Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

Posted on

APA SAJA FUNGSI KOMPUTER? 

Hampir setiap saat kehidupan kita tidak bisa lepas dari komputer. Komputer  sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam membantu kehidupan kita. Hal ini juga tidak terlepas dari perkembangan komputer di seluruh dunia. Karena masyarakat sudah akrab dengan manfaat yang diperoleh dari komputer, perangkat komputer sekarang harus terus berkembang.

Pada dasarnya, fungsi komputer bervariasi, tergantung pada pengguna. Mengacu pada definisi komputer di atas, fungsi utama sebagai berikut:

 

1.entri data

fungsi komputer yang pertama adalah perangkat untuk entri data. Fitur ini memungkinkan komputer menerima data juga informasi yang berasal dari luar dan menempatkan mereka di komputer dengan menggunakan berbagai peralatan komputer sebagai sarana pendukung seperti keyboard, mouse, dan beberapa komponen lainnya.

 

2. pengolahan data


Dari data yang sudah dimasukkan tersebut, proses selanjutnya adalah dilakukan processing. Pada tahap processing inilah fungsi utama dengan adanya perangkat komputer. Data yang bisa diproses pun bisa bermacam-macam sehingga nanti hasilnya bisa didapatkan sesuai dengan keinginan. Contohnya saja seperti teks, gambar, suara, video, dan lain-lain. Pengolahan data ini diproses melalui processor yang terdapat pada CPU. 

 

3.penyimpanan data


Fungsi komputer lainnya adalah penyimpanan data umum atau penyimpanan semua data yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya, jika Anda membuat file desain grafis yang telah dicetak sebelumnya, data sebelumnya disimpan pada komputer sehingga dapat digunakan lagi jika diperlukan. peralatan komputer yang digunakan untuk menyimpan data adalah hard disk. hard disk dibagi menajdi dua jenis lagi, hard disk drive atau sering disingkat HDD dan Solid State Disk Drive atau SSD bisa disebut. Fungsi hard drive mampu menyimpan berbagai data dan informasi yang telah dimasukkan ke dalam komputer. Selain itu, kehadiran disk ini juga dapat menjalankan aplikasi dan perangkat lunak pada komputer.

Baca Juga  Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *