komputer tidak mau nyala

Komputer Tidak Mau Nyala, Penyebab dan Solusi Sederhananya

Posted on

Komputer tidak mau nyala

Komputer sudah menjadi alat yang selalu kita gunakan di kehidupan sehari-hari baik di rumah, kantor, mall dan lain sebagainya. Kita tidak bisa lepas dari komputer dari mulai untuk menulis surat, menulis laporan, mendesain sesuatu, menyimpan data, menonton film, mendengarkan musik , sampai bermain game semua dilakukan dengan komputer. Namun kadang kita mengalami kendala saat akan menggunakan komputer.

Saat ini, penggunaan komputer, baik dalam bentuk laptop, PC dan smartphone memiliki terlalu sering di masyarakat. Biasanya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang-orang – orang hanya komputer. Hal ini kemudian mampu meningkatkan penggunaan komputer menjadi sangat tinggi, yang telah menyebabkan kemungkinan kesalahan yang dapat mendekati peripheral komputer Anda.

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi yang tidak, meskipun gangguan yang dihasilkan dari kesalahan yang mungkin terjadi akibat penyalahgunaan oleh pengguna adalah, atau karena kerusakan komputer -bahkan baik dari segi hardware dan software. Kondisi ini kemudian menyebabkan beberapa jenis gangguan biasa ditemui oleh pengguna komputer, komputer sering mati sendiri.

Sering kali kita merasa kesal saat sedang ada deadline tugas tiba-tiba komputer mati rasanya dunia sudah mau kiamat. Di pencet-pencet tombol powernya tetap tidak mau menyala. Untuk itulah kita harus tau dulu penyebab komputer mati.

Penyebab komputer tidak mau nyala

Ada beberapa penyebab komputer tidak mau nyala, untuk itu kita harus memeriksa dulu untuk mengetahui penyebab komputer tidak mau nyala

Baca Juga  Topologi Jaringan Komputer Pengertian dan Jenisnya

 

Penyebab pertama  adalah aliran listrik,

periksa aliran listrik yang menghubungkan komputer. Periksa kabel power komputer apakah sudah terpasang ke terminal yang teraliri listrik. Pastikan listrk di rumah atau kantor masbro dan mbaksis menyala, bisa jadi komputer mati  karena listrik di rumah masbro dan mbaksis belum di bayar he he he.

 

Penyebab kedua  adalah kabel power.

Periksa kabel yang terhubung ke terminal listrik, pastikan kabel dalam kondisi baik, tidak terkelupas dan tidak patah di bagian dalam nya.

Penyebab ke tiga  adalah kondisi power supply.

Power supply berfungsi untuk menyuplai tegangan  langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan dengan cara mengubah tegangan AC (bolak-balik) menjadi arus DC (arus searah) Pastikan kondisi power supply dalam keadaan baik dan berfungsi normal. Secara kasat mata terlihat dari kipas yang berputar di belakang power supply tersebut

Penyebab Keempat adalah Processor

Jika komputer sedang di gunakan mati tiba-tiba kemungkinan disebabkan oleh prosesor. Komputer yang mati secara tiba-tiba diakibatkan oleh suhu prosesor yang terlalu panas. Suhu yang panas akan membuat prosesor berhenti bekerja sehingga komputer mati sampai suhu prosesor menjadi dingin.

Penyebab kelima Kerusakan pada hardware

Apakah penyebab banyak terjadi, tapi kadang-kadang sulit dideteksi. Ram kerusakan peralatan seperti komputer, penyebab lain dari komputer sering mati sendiri. kegagalan hardware dapat terjadi karena hardware yang tidak kompatibel atau instalasi perangkat keras adalah prosedur yang salah, yang menyebabkan material menjadi kerusakan.

Cara mengatasinya:

Gunakan perangkat keras yang kompatibel dan juga sesuai dengan spesifikasi umum komputer Anda. Jika memungkinkan, selalu memeriksa soket pemasangan – membuat peralatan, sehingga tidak terjadi kesalahan ketika komputer dimulai dan memiliki gejala kematian itu sendiri.

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

Demikianlah beberapa penyebab komputer tidak mau nyala dan solusinya semoga ada manfaat dan faedah untuk masbro dan mbaksis sekalian. Ada baiknya sebelum membawa komputer ke tempat servis kita cek terlebih dahulu. Tetapi jika tetap tidak bisa menyala , ya kita serahkan kepada ahlinya .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *