virus komputer

Mengenal Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Posted on

Mengenal Virus Komputer

Mengenal Virus Komputer – Virus Komputer adalah satu buah acara atau aplikasi yang dapat memperbanyak, dan tersebar dengan sendirinya, dan menyebabkan resiko negatif pada computer yang terjangkit. Rata-rata virus masuk kedalam pc dengan cara menyisipkan dia dalam sebuah file maupun Acara. Resiko yang disebabkan oleh virus computer pun ada banyak macamnya, mulai dari hilangnya file dari Computer, timbul error yang tidak biasa Contohnya( freeze), acara tidak dapat Dimanfaatkan, hingga file yang dicuri. Virus juga dapat mengizinkan buat merusak hardware pada Pc. Pc yang terjangkit banyak virus rata-rata sudah tidak bisa di bersihkan dengan antivirus lagi, dan salah satu caranya yakni membersihkan / format harddisk dalam komputer.

Sejarah Virus Komputer

Lalu sejak kapan virus itu ada ? Virus sudah ada sejak mula-mula kali pc muncul. Perdana kali virus yang dibuat yakni Perang Acara atau Core War, dibuat dengan maksud menyerang, memperbaiki dan memusnahkan Acara. Pada intinya, virus diciptakan buat hal-hal yang berdampak merugikan. Bersamaan dengan perkembangan virus, system pertahanan virus juga semakin berkembang buat mencegah penyebaran yang semakin marak dan kerusakan yang tidak Di inginkan. Pada thn 1989, ditemukan virus polimorf, virus yang dengan sendirinya dapat mengubah diri jadi varian baru yang populer dengan V2Px. Sekitar th 1990, ditemukan juga virus DIR II memiliki kekuatan menginfeksi acara dengan cara menyerang data-data FAT.

Type – type Virus Komputer

Type – type virus pun tidak hanya 1 Type. Banyak sekali type – kategori virus, dan memiliki resiko yang tidak serupa – beda.

Trojan yakni virus yang dibuat dengan maksud utk melakukan pencurian data serta mengkontrol data korban. Virus ini masuk kedalam computer lewat internet, email, dan lain – lain.

  • Worm

Worm dikategorikan sebagai virus yang tidak membahayakan, tapi mengganggu. Pasalnya, jikalau pc terjangkit virus worm dibiarkan terlampaui lama, worm dapat menggandakan beliau sendiri dan membuat space pada harddisk pengguna penuh.

  • Memory Resident

Biasa dapat menyerang RAM. Pc yang terjangkit virus ini umumnya tidak jarang mengalami perlambatan pada acara saat dijalankan.

  • Companion Virus

Adalah virus yang cukup sulit buat di Track. Virus ini sangat mengganggu karena dapat mengubah format dari file-file yang kita miliki. Hal tersebut membuat file kita tidak dapat di buka atau bahkan sulit ditemukan

  • FAT Virus

Atau File Allocation Table Virus merupakan virus yang cukup berbahaya, karena memiliki kapabilitas buat menghancurkan file kita. Terkecuali menghancurkan, bisa saja virus ini menyembunyikan file – file kita, maka seakan dapat hilang atau terhapus.

Baca Juga  Download IDM terbaru dengan Aman dan Mudah

 

Dan masih banyak lagi.

ciri ciri komputer terserang virus

Banyak dampak samping yang dapat diakibatkan oleh virus, dampak samping ini dapat mempengaruhi acara ataupun system Computer. Beberapa keluhan yang umum berlangsung akibat infeksi virus computer antara lain adalah:

  • Memory harddisk yang tiba-tiba jadi sangat penuh
  • File atau acara yang corrupt
  • File tiba-tiba hilang atau hidden
  • System mudah restart dan mati dengan sendirinya
  • Muncul beberapa file atau acara baru di pc tanpa diinstal

 

Cara Mengatasi Komputer yang terserang Virus

Walau virus dapat mengakibatkan banyak hal negative, tapi kita masih bisa mencegah dan mengatasi virus yang telah atau bakal menginfeksi pc kita. Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat di lakukan:

  • Install pembaruan pc dan anti virus

Kalian mesti menentukan bahwa pc kalian senantiasa di up to date tiap-tiap kali ada up date baru, karena rata rata up to date yaitu perbaikan dan tambahan dari versi yang sebelumnya.

  • Berhati-hati saat unduh atau memanfaatkan public Wi-Fi

Wi-Fi cuma-cuma bukanlah hal yang senantiasa Keren, karena seandainya anda sedang berada di area public, Wi-Fi cuma-cuma bisa aja ialah jebakan yang disiapkan oleh hacker buat melakukan pencurian data dan info ataupun menyisipkan virus kepada pc anda. Koneksikan piranti anda ke Wi-Fi yang Memang terpercaya.

Senantiasa berhati-hati bakal portable device yang dapat mengakses ke pc anda Misalnya( usb atau flashdisk) kalian mesti senantiasa melakukan scanning buat device yang bersifat portable karena portable device tidak jarang kali mengambil virus dari pc lain.

2 thoughts on “Mengenal Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *