Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Posted on

pengertian internet

Mendengar istilah internet sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan dijaman sekarang  dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari internet. Sebenarnya apasih Pengertian internet itu? Mari kita simak bahasan tentang internet di bawah ini

PENGERTIAN INTERNET

Internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara” dan net yang berarti jaringan. Jadi secara umum pengertian internet adalah jaringan antara   dengan kata lain pengertian internet adalah jaringan komputer di seluruh dunia, yang terkoneksi satu dengan lainnya . sehingga kita bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan website di seluruh dunia . Internet layaknya  direktori raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan, baik berupa tulisan, gambar, maupun multimedia seperti audio dan vidio .

Saat ini melalui internet, kita bisa  dengan mudah mencari informasi ke seluruh dunia, atau bahkan proses belajar mengajar pun saat ini dapat dilakukan secara dari rumah secara  online. ada banyak  Layanan yang dapat dilakukan di internet antara lain Komunikasi seperti chating dan vidio call, Surat menyurat melalui Email, Hiburan seperti menonton Youtube, bermain game online dan masih banyak lagi layanan yang di sediakan internet.

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

SEJARAH INTERNET

ARPANET

Internet mulai dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikai pada tahun 1969  dengan nama ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency).  ARPANET dimaksudkan untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar sehingga jika ada satu jaringan yang hancur saat perang bisa dialihkan ke jaringan lain.

DARPA

 ARPANET terpecah menjadi dua jaringan pada awal tahun 1980-an, yaitu menjadi  ARPANET dan Milnet, tetapi keduanya masih dapat saling berkomunikasi dan  dinamakan DARPA Internet, dimana untuk selanjutnya disebut internet. setealah itu internet  dikembangkan untuk kepentingan pembelajaran /  akademis dengan bekerja sama dengan beberapa universitas/Perguruan Tinggi di Amerika Serikat  seperti UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. dan setelah itu akses  internet dapat dilakukan  melalui sarana komputer milik pribadi / Personal Computer (PC) melalui layanan Usenet dan Bitnet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *