Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Posted on

NSFNET

ARPANET mulai digantikan oleh Jaringan National Science Foundation Network (NSFNET) Pada tahun 1986  NSFNET menghubungkan para ilmuwan  di seluruh Amerika dengan lima buah pusat super komputer. Jaringan ini dikembangkan untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan beberapa jaringan riset. Pada bulan Maret 1990, ARPANET resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan di beberapa negara didirikan dan bergabung dengan NSFNET yaitu  Prancis, Australia, Jerman, Inggris,  Kanada, dan Jepang. Kemudian pada tahun 1990, CERN Laboratorium Fisika Partikel di Swiss, mulai mengembangkan World Wide Web berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. World Wide Web atau www merupakan layanan berbasis  grafis, artinya informasi pada internet sudah dilengkapi dengan gambar.

WWW

Pei Wei meluncurkan perangkat lunak untuk mengakses internet dengan nama Viola Pada tahun 1992, dan didistribusikan bersama CERN WWW. Kemudian, tahun 1993, InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Komputer yang akan terhubung  ke jaringan internet  secara langsung memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Pada saat itu Gedung putih mulai online di  internet. Sekitar tahun 1994 penggunaan internet untuk bisnis pertama dipakai oleh perusahaan Pizza Hut. Adapun Internet Banking pertama kali digunakan oleh First Virtual.

Layanan akses internet mulai dibuka  bagi masyarakat umum  oleh perusahaan Compuserve pada tahun 1993 melalui layanan , America Online, dan Prodigy. dan  internet mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1994

Demikianlah bahasan tentang internet, semoga ada manfaat dan faedahnya.

 

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *