pengertian printer

Pengertian Printer dan fungsi printer

Posted on

Pengertian Printer

Pengertian Printer  Jika di artikan Printer merupakan sebuah alat yang menampilkan data dalam bentuk hasil cetakan berupa teks, gambar dan lainnya di atas kertas. Ada beberapa bagian dari printer yakni (picker) yang berfungsi sebagai alat pengambil kertas dari tray (Baki). Pengertian dari baki sendiri adalah sebuah tempat yang di rancang khusus untuk menaruh kertas. Kemudian Tinta atau Toner (Tinta Bubuk) merupakan alat pencetak sebenarnya, karena pada dasarnya Tinta di ciptakan untuk menulis/mencetak kertas.

Yang membedakan antara tinta bubuk (toner) dan tinta adalah dari segi system, dimana untuk tinta bubuk atau laser butuh pemanasan sedangkan tinta cair tidak memerlukan pemanasan, jadi hanya butuh pembersihan pada hulu pencetak (print-head).

Ada pula bagian lainnya dari printer yakni kabel lentur yang berfungsi sebagai pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini bentuknya tipis dan lentur tetapi memiliki daya yang kuat. Di bagian belakang pencetakan terdapat beberapa colokan yang sejajar atau USB sebagai penghubung ke PC/Laptop.

Komponen elektronik yang ada pada mesin pencetak (Printer) sebenarnya sama dengan komponen elektronik yang ada pada computer. Sedangkan untuk jenis Printer sendiri ada 6 Jenis yakni Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

Pengertian Printer

Printer adalah sebuah alat yang digunakan untuk cetak mencetak yang diambil dari kata print yang artinya cetak. Di dalam dunia elektronik khususnya yang berhubungan dengan komputer printer tergolong ke peripheral output yang gunanya untuk mencetak dokumen, gambar, maupun hal lainnya.

Baca Juga  SSD vs HDD Mana yang lebih baik ?

Printer elektrik pertama kali dibuat tahun 1968 di Jepang oleh Epson dengan nama awal yakni EP-101 sedangkan desain printernya pertama kali dibuat saat abad 19 secara mekanik. Saat tahun 1980an kebutuhan akan performa printer yang lebih tinggi kecepatannya saat mencetak dokumen lebih dibutuhkan sehingga munculah beberapa system pembaruan printer antara lain adalah line printer, dot matrix, dan daishy wheel.

Konsep line printer adalah memiliki hasil output yang sama seperti mesin ketik tetapi proses lebih cepat. Daishy wheel memiliki konsep yang nyaris sama mesin ketik. Sedangkan dot matrik konsepnya adalah menghasilkan output kombinasi antara grafis dan tulisan tetapi kualitas output atau hasil cetakan rendah. Untuk menghasilkan cetakan yang baik biasanya orang orang menggunakan plotter bukan printer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *