Sejarah Komputer dan Perkembanganya

Posted on

Berikut adalah sejarah lengkap dari komputer.

  1. Generasi tabung

    komputer untuk pertama kalinya telah didirikan pada tahun 1946, dan penggunaan tabung vakum untuk komponen mentah di komputer ini. Penggunaan tabung vakum sangat tidak efektif karena dapat menghasilkan panas yang berlebihan dan membutuhkan daya listrik yang besar. Komputer ini adalah dengan menggunakan Mauchly 18,000 mengukur tabung vakum dan berat 1800 ft2 30 ton. generasi pertama ini komputer masih menggunakan bahasa assembly sebagai bahasa pemrograman. bahasa mesin itu sendiri juga menjadi bahasa pemrograman yang paling dasar dan dapat dipahami oleh komputer. Seiring waktu, generasi pertama dari komputer dapat memecahkan masalah dengan kemampuan terbatas.Data yang digunakan dalam generasi pertama dari komputer menggunakan kartu punch atau kartu punch dan pita kertas. Mengenai output digunakan, komputer menggunakan output dari generasi cetak pertama pada. Hampir $ 1 juta dihabiskan pada komputer yang paling menakjubkan dari waktunya.
  2. Transistor Generation

    Cerita berlanjut pada komputer transistor generasi berikutnya. Keberadaan transistor ini juga dapat menjadi tanda munculnya komputer generasi kedua. Sehingga tabung vakum digantikan oleh transistor yang dapat meningkatkan teknologi pada waktu itu. Teknologi transistor digunakan sekitar tahun 1959 sampai 1965. Ketika dilihat, ukuran transistor relatif jauh lebih kecil ke tabung vakum. Selain ukuran, panas yang dihasilkan juga kurang. Tidak hanya itu, tingkat kegagalan cenderung lebih kecil. Dengan demikian, transistor mungkin komputer yang lebih baik komputer dengan tabung vakum. Untuk bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini, tentu saja, menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Jika Anda pernah menggunakan bahasa mesin, generasi ini sudah menggunakan bahasa assembly. Pada saat itu juga, CBOL dan bahasa pemrograman Fortran juga sedang dikembangkan.
  3. Generasi IC

    Untuk generasi ketiga, kali ini menggunakan komputer dalam sebuah sirkuit terpadu atau IC bukan transistor. Transistor pada generasi sebelumnya berkurang dan kemudian ditempatkan pada sirkuit terpadu ketika sirkuit terpadu terdiri dari sebuah array transistor, resistor, dan kapasitor. Teknologi ini dikembangkan oleh seorang insinyur listrik bernama Jack Kilby. Jack Kilby kemudian diberi Hadiah Nobel untuk penemuan generasi ketiga sejarah komputer. Memang, hasilnya bisa membuat komputer lebih cepat dan efisien dan membuat komputer dengan dibangun lebih cepat daripada sistem generasi sebelumnya. Selain itu, IC komputer adalah komputer pertama dengan keyboard dan monitor yang sebelumnya masih menggunakan kertas. Karena ukurannya yang kecil dan harganya murah, orang-orang pada waktu itu bisa membeli komputer itu.
  4. Generasi Microprosessor

    sejarah dan perkembangan IT berlanjut sampai mikroprosesor masih digunakan oleh banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Awal mikroprosesor komputer yang dibuat oleh IBM pada tahun 1971 dan pada tahun 1984 Apple merilis Macintosh. Kelahiran mikroprosesor generasi komputer juga menjadi penanda lahirnya internet. Perkembangan komputer ini dapat dilihat dengan GUI sebagai layar, mouse dan laptop atau notebook.
  5. Generasi AI

    sejarah komputer dan perkembangannya berlanjut hingga hari ini untuk membuat teknologi yang disebut IA. generasi kecerdasan buatan komputer AI, yang berarti dapat melakukan entri yang lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini AI, kita dapat memahami bahasa yang digunakan oleh hari, dan untuk mempelajari lingkungan dan menyesuaikan negara. Sementara teknologi AI dipandang sebagai terobosan terbaru dari komputer, tidak sering, terlalu banyak pengembang yang menggunakan sistem AI.
Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *