ssd vs hdd

SSD vs HDD Mana yang lebih baik ?

Posted on

SSD VS HDD

SSD vs HDD – Pada th 2019 ini, hardisk sudah tidak jadi komponen wajib utk merakit Computer Meskipun kapasitas penyimpananya besar, tapi kinerja hardisk sekarang sudah sangat kalah jauh kecepatannya dengan adiknya ini.

Kini sudah hadir perangkat penyimpan data pengganti hardisk. Lebih cepat, kinerja tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Fungsinya sama dengan hardisk yang selama ini kita kenal namun di lihat dari konstruksi sangat tidak sama jauh. Namanya SSD, Solid State Drive. Saat ini kalau kita membeli notebook atau ultrabook yang Paling baru mungkin kita dapat ditawarkan mau yang menggunakan hardisk biasa (HDD) atau pakai SSD. Mungkin tulisan berikut ini bisa sedikit menolong anda membawa ketentuan saat dikasih pilihan antara SSD dan HDD.

Apa itu SSD?

SSD merupakan abrivasi atau singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk. SSD merupakan perangkat penyimpanan data yang terdiri dari beberapa IC memori di dalamnya.

USB Flash Drives

Untuk perumpamaan, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang bernama USB Flash Drive atau USB memory stick, biasa juga disebut FlashDisk. Ini merupakan sebuah alat elektronik yang kita gunakan buat menyimpan data, yang bisa kita bawa ke mana-mana dan tinggal dihubungkan kepada suatu system jika ingin mengaksesnya.

SSD bisa kita katakan sebagai sebuah versi yang lebih baru dan canggih dari USB Flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti HDD yang selama ini digunakan pada perangkat komputer.

Baca Juga  Jenis-Jenis RAM, fungsi dan gambarnya

Jadi SSD merupakan alat penyimpanan data besar seperti hardisk hanya saja konstruksinya seperti flashdisk yang terususun dari beberapa IC memori.

Seperti FlashDisk, SSD tidak terususun dari komponen-komponen yang bergerak. Data atau info hanya disimpan di dalam microchips. Tidak sama dengan Hardisk yang memiliki lengan mekanik yang bergerak ke sana ke mari buat menulis dan membaca data di atas piringan magnetik. Hal inilah yang menyebabkan kenapa SSD bekerja lebih cepat daripada Hardisk.

Hardisk (HDD) bergerak dengan cara mekanik buat mangambil dan menyimpan data atau Berita, sedangkan SSD bergerak dengan cara elektrik buat menaruh dan membawa data atau Kabar. Tentu HDD lebih lambat jika dibandingkan dengan SSD.

Komponen SSD

Kebanyakan SSD memanfaatkan apa yang disebut flash memori berbasis NAND. Ini yaitu type memori Non-Volatile. Sederhananya, Non-Volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walau tegangan suplai nya dimatikan. Ini ialah prinsip dasar dari satu buah memori permanen seperti halnnya USB Flash drive.

Pada awalnya, banyak yang meragukan ketahanan data yang tersimpan di dalam memori type ini. Mereka mempunyai anggapan data hanya bisa tersimpan buat beberapa thn saja. Data dapat lenyap jika disimpan lebih lama lagi. Tapi kenyataannya tidak begitu Terlebih dengan teknologi yang Teranyar Bahkan data bisa tersimpan dengan aman hingga 200 Th Berikut contoh SSD merk Samsung.

Kesimpulan  SSD VS HDD

Dari tabel di atas nampak kelebihan yang dimiliki oleh SSD pada HDD. Tapi begitu seluruh berpulang pada anda. Buat mudahnya, kami berikan kesimpulan berikut.

 

Pilih yang memanfaatkan HDD jika:

  • Membutuhkan lebih banyak kapasitas, hingga 6 TB
  • Tak ingin ke luar biaya lebih
  • Tidak begitu memperdulikan masalah kecepatan booting dan membuka file.
Baca Juga  Pengertian Keyboard Dan Fungsinya pada Komputer

 

Pilih yang menggunakan SSD jika:

  • Anda rela membayar buat memperoleh kinerja yang lebih cepat
  • Tidak begitu menghiraukan kapasitas.

 

Demikianlan artikel tentang SSD vs HDD, Mudah-mudahan Berguna  untuk kita semua, jika ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar di bawah ini

2 thoughts on “SSD vs HDD Mana yang lebih baik ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *