Perangkat jaringan komputer

17 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Posted on

Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer adalah perangkat pendukung untuk melakukan transformasi data agar perangkat berfungsi.

Komputer yang digunakan biasanya memerlukan berbagai perangkat seperti pemancar data, seperti router, nirkabel, kartu nirkabel, kartu LAN dan banyak lainnya.

Seperti halnya fitur perangkat keras jaringan bahwa perangkat, seperti router, akan bekerja berdasarkan penggunaannya, mereka akan mengirim data ke perangkat lain sehingga jaringan dapat terhubung.

Berikut adalah beberapa nama perangkat jaringan komputer yang sering kita jumpai dan gunakan. Biasanya harga peralatan komputer pendukung juga tidak terlalu mahal, tetapi harga juga ditentukan oleh kualitas barang.

Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Seperti apa perangkat jaringan komputer yang dimaksud? Mari kita lihat beberapa perangkat jaringan komputer di bawah ini.

1. Router

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih bersama-sama sehingga data dapat diterima dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Router dapat menghubungkan jaringan / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, bintang dan cincin.
Dengan perangkat yang disebut router ini, dua jaringan yang berbeda dapat dihubungkan, misalnya, 135.165.112.6 / 24 dapat terhubung ke 163.190.231.4 / 24 dan sebaliknya.

Selain itu, router juga dapat digunakan untuk membuat koneksi antara jaringan LAN dan layanan telekomunikasi (jalur rental telekomunikasi / Digital Subscriber Line). Router ini sering disebut sebagai server akses.

2. Kartu nirkabel

Data Nirkabel ini adalah jaringan yang mampu menghubungkan dua perangkat tanpa kabel. Kartu nirkabel dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga dapat dihubungkan melalui jaringan Wi-Fi dan tanpa kabel.

Baca Juga  Topologi Jaringan Komputer Pengertian dan Jenisnya

Tentu kita sering menggunakannya bukan? Karena kecepatan maksimum internet dapat dirasakan melalui jalur jaringan WiFi.

Seperti halnya dengan perangkat jaringan lain, kartu LAN ini adalah perangkat jaringan yang dapat menghubungkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Tetapi pada kartu LAN ini Anda perlu menggunakan kabel agar data dapat menjangkau perangkat lain. Saat menggunakan LAN ini, data dapat dikirim melalui media jaringan kabel UTP.

4. Bridge / Jembatan

Perangkat jembatan ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada perangkat lain. Saat menjalankan bridge ini, ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mengirim data ke jaringan, setelah itu bridge membuat tabel otomatis. Keuntungan dari perangkat bridge ini adalah dapat menentukan segmen mana yang rooting atau penyaringan.

5. Hub Perangkat Jaringan Komputer

Hub pada komputer digunakan untuk mendistribusikan server ke jaringan lain, karena kelemahan hub ini adalah jika rusak, transfer jaringan ke komputer juga tidak dapat berjalan, sehingga dapat mempercepat data yang dikirim ke komputer lain, tidak dapat mengatur .

Prinsip kerja hub adalah untuk menyalin set / paket data dari sumber yang terhubung ke port pada hub itu dan membaginya dengan semua port yang terhubung ke hub itu.

6. Switch

Switch adalah perangkat keras yang berfungsi hampir sama dengan HUB, ia dapat membagi jaringan lokal menjadi banyak perangkat komputer. Meskipun fungsi utama sakelar ini adalah untuk menerima sinyal, Anda mengirim data jaringan dari server ke jaringan perangkat lain.

7. Access Point

Access Point menggunakan mirip dengan router. Tetapi Access Point memiliki fungsi nyata mentransmisikan sinyal nirkabel yang disiarkan oleh router untuk membuat jaringan WLAN. Salah satu kelebihan dari Access Point ini adalah dapat langsung terhubung ke broadband atau router.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

8. Kabel Perangkat Jaringan Komputer

Kabel adalah saluran aliran ke dan dari perangkat. Ada banyak jenis kabel yang digunakan untuk peripheral komputer dan biasanya jenis Unshielded Twisted Pair (UTP) dan banyak lainnya.
Adapun kelemahan menggunakan kabel ini, biasanya ada komplikasi karena mereka juga membutuhkan lokasi penempatan kabel, dan sebagainya.