Perangkat jaringan komputer

17 Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Posted on

9. NIC

NIC atau Network Interface Card adalah kartu yang juga memainkan peran penting untuk komputer. NIC biasanya tertanam di komputer sehingga perangkat dapat terhubung ke jaringan LAN. Berkat fungsi NIC, perangkat dapat dihubungkan ke jaringan melalui koneksi kabel.

10. Modem

Modem adalah perangkat perangkat keras yang dapat mengirimkan perubahan data sinyal ke analog dan kemudian kembali ke data sinyal digital agar komputer dapat berfungsi. Jika modem menerima sinyal analog, biasanya diubah menjadi sinyal digital dan dikirim ke komputer.

11. Repeater Perangkat Jaringan Komputer

Contoh perangkat jaringan komputer adalah repeater. Repeater adalah perangkat jaringan untuk memperkuat sinyal. Perangkat repeater dapat memperkuat sinyal dari jarak jauh. Fungsi repeater adalah:

Perpanjang jangkauan sinyal server
Jadi jika server menggunakan repeater, sinyal dapat diakses lebih lanjut oleh perangkat lain. Intinya adalah bahwa perangkat dapat mengakses paket data dari server pada jarak yang lebih jauh.
Sederhanakan akses ke sinyal WiFi
Dengan repeater, ada banyak perangkat yang lebih mudah diakses karena jaringan diperkuat dengan repeater.
Minimalkan penggunaan kabel jaringan
Penggunaan repeater meminimalkan keberadaan beberapa kabel jaringan. Itu karena repeater memperkuat sinyal, sehingga tidak diperlukan kabel untuk mengakses paket data.
Intinya, fungsi repeater memperkuat sinyal data sehingga lebih mudah diakses.

12. Konektor

Konektor adalah perangkat yang menghubungkan kabel ke adaptor jaringan. Keberadaan konektor ini juga sangat penting untuk perangkat komputer, karena jika perangkat seperti itu tidak ada, komputer tidak dapat dioperasikan dengan benar.

Baca Juga  Pengertian Switch dan Fungsinya

Ada beberapa jenis konektor yang biasanya dipasang pada perangkat komputer, termasuk:
• Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP
• Konektor BNC / T digunakan untuk kabel koaksial
• Konektor ST digunakan untuk kabel serat optik.

Ya, keberadaan konektor tidak dapat dipisahkan dari perangkat lain, meskipun sekilas tidak memiliki banyak fungsi, tetapi jika tidak ada konektor, komputer tidak dapat berfungsi.

Konektor RJ-45
Konektor RJ-45

13. Server Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer adalah alat atau perangkat yang berguna untuk mencapai tujuan fungsi jaringan komputer. Jenis perangkat adalah server. Server adalah komputer atau perangkat yang menyediakan layanan kepada klien yang terhubung dengannya.

Biasanya komputer server memiliki spesifikasi tinggi untuk prosesor, seperti RAM 16GB yang dikombinasikan dengan Intel Xeon. Tujuan dari komputer server adalah sebagai penyedia informasi data yang akan dikirim kemudian dan juga didistribusikan melalui Perangkat Jaringan Komputer.

Semua data dihubungkan melalui sistem jaringan sehingga bisa masuk ke komputer klien. Sebaiknya letakkan komputer server di ruangan yang dilengkapi sistem pendingin udara untuk mengurangi tingkat panas pada komputer server.

14. User dan Client

Komputer pengguna atau klien adalah komputer yang biasa digunakan untuk mendapatkan data dari server. Komputer klien terhubung pada fungsi jaringan untuk mendapatkan informasi atau data dari komputer server. Sistem jaringan antar komputer seperti ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari yang berbeda, seperti warung internet atau laboratorium komputer.

15. Server proxy

Proxy Server adalah layanan jaringan komputer yang memungkinkan klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lain atau, dengan kata lain, adalah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lain untuk membuat permintaan konten dari Internet atau intranet.

Baca Juga  Topologi Jaringan Komputer Pengertian dan Jenisnya

16. Gateway Perangkat Jaringan Komputer

Gateway adalah perangkat atau perangkat yang digunakan sebagai media yang menghubungkan jaringan komputer ke jaringan lain, atau menghubungkan ke beberapa jaringan komputer lain menggunakan sistem protokol yang berbeda.

Dalam keadaan seperti itu, setiap jaringan komputer dapat mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer yang berbeda menggunakan protokol yang berbeda.

17. Multi-layered switch

Multi-layered switch adalah cara di mana perangkat jaringan diatur pada tingkat yang berbeda karena pengguna akhir yang terhubung ke jaringan memiliki jumlah yang besar, sehingga perlu untuk mengalir di antara jaringan switch.

Baca Juga