3 KOMPONEN KOMPUTER UTAMA BESERTA CONTOHNYA

Posted on

komponen komputerAPA SAJA 3 KOMPONEN KOMPUTER UTAMA?

Dalam Mengoperasikan komputer, ada tiga komponen utama yang harus dipenuhi. Karena ketiganya memiliki peran yang sangat penting. Jika kurang dari 3 komponen komputer  tersebut  maka kita dapat yakin bahwa komputer Anda tidak akan daat digunakan. Dengan kata lain, ketiga unsur ini tidak dapat dipisahkan, dan peran penghubung.

Sebelum mendapatkan untuk mempelajari lebih lanjut tentang komputer dan komponen ada baiknya kita komponen komputer terlebih dahulu

Ketiga komponen Komputer  yang dimaksud adalah perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan juga manusia/pengguna (Brainware). Berikut adalah penjelasan tentang ketiga komponen komputer  tersebut.

 

1. Hardware

hardware
Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen komputer utama pembangun sistem komputer yang berwujud alias alatnya dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk  mendukung proses komputerisasi. Contoh hardisk yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti Monitor, Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.
Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu
  • Input Device ( Perangkat Masukan ) : Berfungsi untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, Webcam, Mouse, scanner dan lain sebagainya
  • Processor ( Perangkat Pengolah Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Perangkat pengolah Data : CPU ( Central Unit Processor ) dan Microprocessor.
  • Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input Device. Contoh dari Output Device yang sering kita jumpai : Monitor, Speaker, dan Printer.

Leave a Reply