Cara Mempercepat Booting Windows 10

5 Cara Mempercepat Booting Windows 10

Posted on

Cara Mempercepat Booting Windows 10 Dalam sistem operasi ini, Microsoft telah sepenuhnya mendesain ulang tampilan Windows 10, yang sekarang berisi banyak fungsi baru atau aplikasi terintegrasi, dan memperbarui dan menutup beberapa fungsi atau aplikasi yang ada di versi Windows sebelumnya. Persyaratan sistem (persyaratan sistem) untuk Windows 10 juga telah ditingkatkan.

Cara Mempercepat Booting Windows 10

Meskipun persyaratan sistem minimum untuk menginstal Windows 10 telah meningkat, jumlah fitur baru atau aplikasi terintegrasi, instalasi perangkat lunak pihak ketiga, dan pengaturan default telah memperlambat dimulainya Windows 10. Ini adalah salah satu keluhan yang memperingatkan pengguna Windows 10 karena butuh waktu lebih lama untuk siap menggunakan Windows 10.

Namun, berbagai upaya dapat dilakukan untuk mempercepat waktu startup Windows 10 tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Upaya ini dapat memiliki efek yang berbeda setelah penerapannya, karena ini juga tergantung pada banyak faktor seperti kecepatan prosesor, program yang diinstal, dll. Di bawah ini adalah 5 cara untuk mempercepat waktu booting Windows 10.

5 Cara Mempercepat Booting Windows 10

1. Nonaktifkan program yang dijalankan saat startup.

Apakah Anda menyadari bahwa ketika Windows 10 (Strat-up) dimulai, beberapa program komputer berjalan meskipun tidak muncul di layar komputer (berjalan di latar belakang)? Terlalu banyak program yang berjalan dapat memengaruhi kinerja. Untuk meningkatkan kinerja dan mempercepat startup Windows 10, Anda dapat menonaktifkan program yang tidak perlu sehingga tidak berjalan saat Anda memulainya.

  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del dan kemudian pilih Task Manager.
  2. Di jendela Task Manager yang muncul, klik tab Home.
  3. Untuk menonaktifkan program, pilih atau pilih program yang akan dinonaktifkan dan kemudian klik tombol Nonaktifkan.
     Cara Mempercepat Booting Windows 10
Baca Juga  Cara COD di Shopee dan Syaratnya

 

2. Kurangi batas waktu untuk  booting

Anda perlu membuat perubahan pada fitur ini jika komputer Anda mulai dua kali, terlepas dari apakah mereka dua versi berbeda dari Microsoft Windows atau dua sistem operasi yang berbeda. Pengaturan default untuk layar pemilihan OSD adalah 30 detik. Anda selanjutnya dapat mengurangi batas waktu menu boot, mis. B. 15 detik.

  1. Ketik “advanced system settings” di kotak pencarian di sebelah kanan tombol Mulai dan tekan Enter.
  2. Di jendela System Properties yang muncul, klik tab Advanced, lalu klik tombol Pengaturan di bagian Startup and Recovery.
  3. Di jendela Start-up and Recovery  yang muncul, ubah nilainya dalam kotak pilihan “Waktu” untuk melihat daftar sistem operasi.
     Cara Mempercepat Booting Windows 10

3. Aktifkan fungsi Fast Startup. Cara Mempercepat Booting Windows 10

Fungsi mulai cepat pertama kali diterapkan pada Windows 8. Fungsi ini diaktifkan secara default di Windows 10. Fungsi mulai cepat berguna untuk mempercepat waktu startup Windows 10. Fitur ini sangat berguna dan diimplementasikan bahkan tanpa sepengetahuan pengguna Windows 10. Namun, beberapa pengguna juga menonaktifkan fungsi ini untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada Windows 10.

Untuk mempercepat booting Windows 10, Anda harus mengaktifkan fungsi mulai cepat. Anda dapat memeriksa komputer Windows 10 Anda untuk melihat apakah fitur ini masih aktif. Jika fitur ini dinonaktifkan, aktifkan fitur ini dengan mencentang kotak centang Quick Launch feature.

  1. Klik kanan tombol Start untuk menampilkan daftar menu WinX (menu pengguna utama).
  2. Pilih Opsi  Power & sleep dari daftar menu.
  3. Di jendela  Power & sleep, klik tautan Pengaturan Daya Tambahan di paling kanan.
  4. Di jendela Opsi Daya yang muncul, klik tautan Pilih apa yang harus dilakukan sakelar daya.
  5. Di jendela Pengaturan Sistem yang muncul, klik Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia.
  6. Pilih kotak centang Turn on fast start-up (recomended).
    Cara Mempercepat Booting Windows 10
Baca Juga  Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Software

4. Bersihkan komputer Anda.

Salah satu cara untuk mempercepat booting Windows 10 adalah membersihkan komputer Anda dari file yang tidak lagi digunakan. Jangan berharap untuk perubahan karena mereka mungkin tidak memiliki dampak yang signifikan. Namun, membersihkan komputer Anda dari file sampah adalah hal yang baik untuk beberapa alasan. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan. Windows 10 sendiri juga memiliki fungsi terintegrasi untuk keperluan ini, yaitu membersihkan disk.

  1. Ketik “Disk Cleanup” ke dalam kotak pencarian Windows di sebelah kanan tombol “Start” dan klik tombol “Enter”.
  2. Anda dapat membersihkan komputer dengan mengklik tombol Bersihkan file sistem

disk cleanup

 

 

5. Nonaktifkan transparansi dan efek khusus.

Windows 10 memiliki antarmuka pengguna dengan transparansi dan efek khusus yang bagus. Transparansi dan efek khusus ini memengaruhi waktu startup Windows 10. Dengan mengaktifkan fungsi-fungsi ini, waktu startup Windows 10 dapat dikurangi. Sebaliknya, Anda dapat menonaktifkan fitur ini untuk mempercepat waktu startup Windows 10.

Nonaktifkan transparansi.

  1. Klik tombol Mulai, pilih Pengaturan, lalu klik Personalisasi. Di jendela “Personalisasi” yang muncul, klik tab
  2. “Warna” di panel kiri dan ubah nilai tombol “Aktifkan efek transparansi” dari “Aktif” menjadi “Tidak Aktif”.

Nonaktifkan efek khusus.

  1. Ketik “Pengaturan Sistem Lanjut” di kotak pencarian di sebelah kanan tombol “Mulai” dan tekan Enter.
  2. Di jendela System Properties yang muncul, klik tab Advanced, dan kemudian klik tombol Pengaturan di bagian Performance.
  3. Di jendela Opsi Kinerja yang muncul, klik tombol radio Sesuaikan untuk Kinerja Terbaik, dan kemudian klik OK.

Personalisation

inilah 5 Cara Mempercepat Booting Windows 10 ala Pintar Komputer, semoga bermanfaat