Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021

Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021

Posted on

Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021vv

Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021 Banyak yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan bantuan pemerintah pada 2021. Sejak pandemi Covid-19 belum mereda, pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat pada 2021. Seperti diketahui, Pandemi Covid-19 akan terjadi pada tahun 2021. Selain kesehatan, wabah tersebut juga berdampak pada perekonomian masyarakat.

Pada tahun 2021, Rp 300.000 BST akan menargetkan 10 juta rumah tangga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Dukungan akan diberikan mulai Januari hingga April 2021. Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini secara simbolis menyalurkan dana program Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 pada Senin 1 April 2021, bersama dua program lainnya. Asisten sosial.

baca juga Pengertian Social Distancing

Penyaluran bansos dipercayakan kepada PT Pos Indonesia. Kecuali untuk wilayah Papua dan Papua Barat, terdapat perlakuan khusus karena adanya pembatasan kondisi daerah.

Pada Januari 2021 diperkenalkan tiga bantuan langsung tunai (BLT), yaitu Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Harapan Keluarga (PKH) dan Sembako / Bahan Kartu Jabodetabek / Luar Jabodetabek. (BPNT). Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021.

Kesejahteraan ini merupakan jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin dan paling terdampak dari sudut pandang sosial ekonomi, seiring meledaknya virus SARS COV-2 selama hampir setahun.

Kemensos akan mendistribusikan program BST kepada keluarga yang telah memenuhi persyaratan dan terdaftar dalam Data Jaminan Sosial Terpadu (DTKS). Berikut syarat mendapatkan BST dari Kementerian Sosial sebesar Rp300.000 pada tahun 2021, antara lain:

Baca Juga  1 MB berapa KB ini Penjelasan Lengkapnya

1. Calon penerima adalah orang-orang yang terlibat dalam pendataan RT / RW dan yang ada di desa.

2. Penerima manfaat potensial adalah mereka yang kehilangan pekerjaan selama pandemi Covid-19.

3. Calon penerima manfaat tidak terdaftar sebagai penerima manfaat dari layanan perlindungan sosial pemerintah pusat lainnya seperti B. Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, kemasan sembako, tunjangan dalam bentuk natura ( BPNT) dan – perekrutan.

4. Jika calon penerima manfaat tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT / RW, dapat segera menginformasikan kepada perangkat desa.

5. Jika calon penerima manfaat memenuhi persyaratan tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), mereka tetap dapat menerima bantuan sosial tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. . Penerima harus bertempat tinggal di desa dan memberikan alamat lengkapnya.

6. Jika penerima sudah terdaftar dan datanya valid maka BST Kemensos akan dibayar tunai dan tanpa tunai.

Metode cashless diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima, sedangkan metode cashless dikirim langsung ke rumah KPM oleh petugas kantor pos, bersama-sama melalui perangkat desa, bank pemerintah atau langsung ke kantor pos terdekat.

Untuk mengetahui apakah mereka termasuk dalam daftar penerima, masyarakat dapat mengunjungi halaman Data Perlindungan Sosial Terpadu.

Cara Dapat Bantuan Pemerintah 2021

  • Kunjungi halaman https://dtks.kemensos.go.id/
  • Di bagian atas terdapat beberapa kolom pencarian untuk penerima bantuan sosial moneter (BST).
  • Pilih identitas (ID) Anda. Ada tiga jenis KTP: DTKS / BDT-ID, PBI (Nomor Penerima Bantuan Iuran), JKN / KIS (Jaminan Kesehatan Nasional / Kartu Indonesia Sehat) dan NIK.
  • DTKS-ID adalah ID data terintegrasi dari perlindungan sosial. Umumnya disimpan di dinas sosial kabupaten dan kota. Jika tidak memilikinya, Anda dapat memilih opsi NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor JKN / KIS-PBI.
  • Masukkan nomor anggota dari ID yang dipilih.
  • Masukkan nama yang cocok dengan ID yang dipilih.
  •  Masukkan dua kata yang tercantum di bidang captcha.
  • Klik “Cari”. Data kemudian akan ditampilkan untuk menunjukkan apakah Anda terdaftar sebagai penerima BST bansos oleh Kementerian Sosial atau tidak.
Baca Juga  Cara Transfer dari ATM BRI ke BCA

Mulai tahun ini, Kemensos akan terus melakukan pemutakhiran DTKS pemerintah daerah serta meningkatkan pengawasan dan pelaporan agar penyaluran bansos terjadi tepat waktu dan tepat waktu.