Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar

Posted on

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar akan melindungi flashdisk dari kerusakan, namun banyak dari kita yang tidak menyadarinya. hal ini sering menjadi penyebab flashdisk eror seperti flashdisk write protect  bahkan rusak total.

Menghubungkan flash drive atau hard drive eksternal ke laptop Windows adalah sesuatu yang biasanya Anda lakukan dan kemudian mencabutnya saat tidak digunakan. Agar flashdisk atau hardisk eksternal tidak cepat rusak dan menyimpan data di dalamnya, Anda harus melepas flashdisk dengan cara yang benar.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar

Hal-hal sepele tentang penggunaan PC atau laptop sering diabaikan. Dalam hal ini pun, jika ingin melepas flash disk atau hardisk eksternal dari laptop, Anda perlu melakukan sesuatu terlebih dahulu agar flash disk tidak cepat rusak dan data di dalamnya tetap aman.

Agar Anda dapat menghapus flash disk dan hard drive eksternal dengan aman, Anda harus melakukannya dengan benar. Sebelum melepas flash disk dari port USB, Anda harus terlebih dahulu melakukan proses ejection pada laptop Windows. Keluarkan fungsi pada flash disk Ini untuk memastikan bahwa flshdisk dapat dicabut dengan aman. Jika tidak dilakukan dengan benar maka akan terjadi efek buruk pada flash disk yang tidak akan dikeluarkan nantinya.

Cara Mencabut Flashdisk dari laptop Yang Benar 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu mencabut flash disk atau hard drive eksternal dengan benar jika tidak ingin dan data di dalamnya cepat rusak. korup. Untuk melakukan ini, Anda harus mengeluarkan flash disk di Windows sebelum menghapusnya. Untuk melakukan proses ejecting flash disk atau hardisk eksternal, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

1. Keluarkan flash disk / hard disk melalui taskbar 

Untuk mengeluarkan flash disk agar dapat dilepas dengan aman dari laptop Windows, Anda dapat melakukannya melalui pintasan di baki sistem. Mengeluarkan dari baki sistem dapat dilakukan dengan sangat mudah seperti pada langkah-langkah berikut.

Saat Anda menghubungkan flash drive atau hard drive eksternal, ikon flash muncul di baki sistem Windows. Anda dapat menggunakan ikon untuk mengeluarkan flash disk atau hard drive eksternal sebelum melepaskannya dari laptop.

Untuk mengeluarkan flash disk melalui taskbar, silakan klik simbol flash disk di taskbar. Tapi jika tidak tampilkan semua ikon baki sistem di baki sistem, maka ikon flash disk menghilang. Jika tersembunyi, silakan klik simbol di atas lalu pada simbol flash disk yang sudah terlihat.

Kemudian silahkan klik Eject…. agar flashdisk atau hardisk eksternal dapat dilepas dengan aman. Jika Anda memasukkan lebih dari satu flash disk, silakan keluarkan flash disk yang ingin Anda hapus.

Sebuah pesan akan ditampilkan jika ejeksi berhasil Lepaskan perangkat keras dengan aman. Selain itu, flash yang dikeluarkan tidak lagi dibaca di Windows File Explorer, sehingga dapat dicabut dengan aman.

cara mencabut flashdisk yang benar
cara mencabut flashdisk yang benar

Sekarang Anda dapat dengan aman melepas flash disk atau hard drive eksternal yang terpasang pada laptop.

2. Keluarkan flash disk/hard disk melalui file explorer

Metode lain untuk menghapus flash disk dengan aman adalah dengan mengeluarkannya menggunakan File Explorer. Cara ini memiliki tujuan yang sama dengan cara yang pertama yaitu membackup flashdisk atau hardisk saat tidak terkoneksi. Untuk mengeluarkan flash disk melalui file explorer, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Sama-sama Buka file explorer yang harus ditemukan pada komputer Windows yang digunakan. Kemudian klik kanan pada flash disk atau hardisk eksternal yang ingin Anda hapus dari laptop.

Baca Juga  Cara download video Facebook di PC dengan Mudah

Kemudian, pada Menu konteks yang muncul, silahkan klik Eject agar flashdisk bisa dilepas dengan aman. Sebuah pesan akan ditampilkan jika ejeksi berhasil Lepaskan perangkat keras dengan aman di kanan bawah layar laptop.

cara mencabut flashdisk yang benar
cara mencabut flashdisk yang benar

Setelah itu, Anda dapat melepaskan flash disk atau hard drive eksternal dengan aman karena telah dikeluarkan.

Bagaimana jika proses eject flash disk gagal?

Dapat menangani Keluarkan flash disk tidak berfungsi dan akan muncul kotak dialog Masalah saat mengeluarkan perangkat kelas penyimpanan massal USB. Masalah ini bisa terjadi karena masih ada program yang mengeksekusi file atau data dari flash disk.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar

Misalnya, Anda membuka file dokumen yang disimpan di flash disk atau foto/video yang disimpan di flash disk. Untuk menyiasatinya, silahkan tutup semua program aplikasi yang berhubungan dengan Flashdisk. Di file explorer ini, Anda mungkin tidak dapat melihat isi flash disk di file explorer jika Anda tidak ingin proses ejection gagal.

Jika sudah menutup semua program yang berhubungan dengan file di flash disk, silahkan lakukan proses ejection. Jika Anda tidak memiliki program yang menggunakan data dari flash disk, proses ejection akan berhasil dan flash disk dapat dihapus dengan aman.

Kesimpulan

Sekian dulu artikel tentang Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar. Jadi pastikan untuk selalu melakukan proses eject sebelum melepas flash disk atau hardisk eksternal dari laptop. Tujuannya agar flash disk tidak cepat rusak dan data di dalamnya tidak rusak korup atau hilang.