cara mencegah virus corona

Cara Mencegah Virus Corona

Posted on

Cara Mencegah

Cara Mencegah Virus Corona – Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan menghindari atau membatasi kontak dengan orang-orang yang menunjukkan gejala virus dan telah melakukan perjalanan ke China dalam 14 hari terakhir.

Hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mempraktikkan kebersihan yang baik untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus.

Penderita yang terjangkit virus corona jenis baru ini umumnya akan mengalami gejala seperti demam, flu, sesak nafas, batuk-batuk, sampai sakit pernafasan ringan hingga berat. Pada tahap yang lebih parah, infeksi ini dapat menyebabkan pneumonia, yakni sakit pernafasan parah yang dapat mengakibatkan kematian.

Ketika virus corona telah menjangkiti manusia, ia akan dapat dengan mudah menularkan kepada sesama manusia. Penularan dari manusia ke manusia bisa melalui berbagai cara.

Penularan virus Corona

Pertama, seseorang bisa tertular jika tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita .

Kedua, seseorang bisa tertular jika memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh atau memegang benda yang terkena air liur penderita Covid-19. Virus corona (SARS-CoV-2) bisa mengancam siapa saja dan berbahaya, terutama pada orang tua, serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh lemah.

Virus ini diperkirakan memiliki masa inkubasi mulai dari satu hingga 14 hari, sebagaimana ditulis Harvard Health Publishing. Namun, banyak kasus yang menunjukkan masa inkubasi virus ini bisa lebih dari dua pekan. Jika Anda, kerabat, atau keluarga terdekat memiliki gejala yang mirip dengan penyakit tersebut, terutama flu, batuk, pilek, dan demam, dan tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, lebih baik untuk segera dibawa ke dokter atau rumah sakit guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hal itu juga untuk memastikan apakah gejala itu pertanda sakit biasa atau karena Covid-19.

Baca Juga  Apa itu Malware?

CDC (Centers for Disease Control and Prevention), dikutip dari Lifehacker, menganjurkan bagi setiap orang yang tinggal bersama dengan penderita COVID-19 untuk melakukan beberapa hal berikut guna mencegah terjadinya penularan.

Yang perlu dilakukan guna mencegah penularan virus corona

-Penderita dianjurkan menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah.

-Setiap orang harus selalu mencuci tangan dan melakukan etiket batuk yang benar (gunakan siku atau tisu, buang tisu di tempat sampah).

-Penderita juga harus menghindari kontak dengan hewan peliharaan, jika memilikinya di tempat tinggal

-Setiap orang harus selalu menjaga kebersihan tempat tinggal, terutama pada ruangan atau benda-benda yang biasa digunakan

-Ikut serta memantau gejala penderita untuk dapat segera menindaklanjutinya

-Menggunakan masker dan sarung tangan, terutama pada penderita dan siapa pun yang telah melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit virus tersebut. Rutin mencuci tangan, menggunakan cairan anti septik dan menjaga kebersihan juga menjadi langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penularan virus corona ini . Selain itu, menjaga tubuh tubuh tetap sehat dan fit dengan mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi juga dipercaya dapat menghindari diri dari virus mematikan tersebut.

 

Cara Mencegah Virus Corona menurut  Kementerian Kesehatan RI  adalah  sebagai berikut:

1. Makan makanan bergizi

2. Rajin olahraga dan istirahat

3. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

4. Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam

5. Tidak merokok

6. Minum air putih 8 gelas/hari

7. Makan makanan yang dimasak sempurna

8. Jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan

9. Jaga kebersihan lingkungan 10. Bila demam dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Baca Juga  Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Leave a Reply