Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Posted on

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 Bluetooth adalah salah satu media transmisi data yang sering digunakan pengguna gadget karena dukungan konektivitas banyak digunakan pada berbagai perangkat, termasuk laptop.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 10

Seperti kita ketahui, perangkat portabel yang baru dijual harus menawarkan dukungan Bluetooth sebagai salah satu fitur mereka. Dukungan ini memudahkan pengguna untuk bertukar file data.

Pada dasarnya, dukungan Bluetooth didukung oleh banyak sistem operasi. Sebagai sistem operasi yang cukup populer, Windows juga memiliki fungsi untuk mengelola konektivitas ini.

Khususnya untuk Windows 10, yang diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2014 dan diharapkan menjadi versi terbaru Windows, fungsi Bluetooth dapat diaktifkan dan digunakan dengan cara berikut.

Cara mengaktifkan Bluetooth pada laptop Windows 10

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan Bluetooth pada laptop Windows 10. Salah satunya dapat diaktifkan melalui Pengaturan dan kemudian opsi Perangkat dapat diakses. Pada opsi Perangkat, atur Bluetooth ke Aktif.

Selain metode di atas, Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth dengan masuk ke Pusat Operasi, menekan tombol Windows + A, atau menggunakan gerakan berdasarkan perangkat yang Anda gunakan. Kemudian sentuh ikon Bluetooth di Pusat Tindakan.

Namun, perlu diketahui bahwa sebelum menggunakan metode di atas, Anda perlu memastikan bahwa perangkat portabel Anda memiliki koneksi Bluetooth. Jika perangkat Anda tidak didukung, Anda dapat membeli Bluetooth tambahan.

Untuk perangkat yang sudah memiliki Bluetooth, tetapi metode yang dijelaskan di atas tidak berfungsi, disarankan untuk memperbarui atau mengunduh driver Bluetooth berdasarkan perangkat yang Anda gunakan.

Baca Juga  Cara Download Scribd Gratis Tanpa Login

Menggunakan Bluetooth pada laptop Windows 10

Tidak seperti perangkat seluler, perangkat yang terhubung terlebih dahulu harus dipasangkan untuk menggunakan Bluetooth pada laptop Windows 10. Caranya adalah dengan hanya pergi ke bagian Perangkat (seperti yang dijelaskan di atas) dan klik tombol Tambahkan Bluetooth atau klik perangkat lain.

Kemudian pilih Bluetooth dari menu yang muncul dan pilih perangkat dari daftar yang muncul. Jika perangkat tidak ditemukan, pastikan perangkat dihidupkan melalui Bluetooth. Dalam hal ini Anda terkadang harus memasukkan PIN.

Setelah selesai, Anda dapat menyentuh Tampilkan ikon tersembunyi di sudut kanan bawah layar untuk mengirim atau menerima file. Kemudian klik ikon Bluetooth dan pilih Kirim File untuk mengirim file atau Terima File untuk menerima file.