cara mengatasi laptop lemot

6 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Posted on

Cara mengatasi laptop lemot

Bagaimana cara mengatasi laptop lemot – Apakah Anda bekerja atau melakukan tugas dan tiba-tiba laptop menjadi lemot? Pasti sangat menyebalkan jika pekerjaan masih menumpuk dan akhirnya berakhir lebih lama karena kinerja laptop yang lemot. lemot, adalah masalah yang sering muncul karena berbagai alasan.

Laptop dapat terkena masalah lemot setiap saat karena penggunaan yang tidak tepat atau perangkat lunak dan perangkat keras yang membutuhkan penggantian. Jadi jika Anda menggunakan laptop, haruskah Anda memastikan kapasitas hard drive penuh? Apakah ada virus yang menginfeksi program sehingga ia bekerja lemot? Juga berbagai masalah lainnya.

Semua masalah ini perlu diselidiki satu per satu sehingga Anda dapat menemukan cara untuk menyelesaikannya dengan lebih mudah. Jadi jangan buru-buru membeli laptop baru hanya karena laptop Anda tiba-tiba lemot. Masih banyak cara untuk memperbaikinya, terutama jika ternyata laptop yang Anda beli masih tergolong baru.

Mencari masalah dan 6 cara mengatasi laptop lemot

cara mengatasi laptop lemot harus dipertimbangkan satu per satu. Banyak masalah yang menyebabkan kinerja laptop lemot. Bahkan jika Anda bukan teknisi komputer, Anda masih bisa memeriksanya.

Mengetahui cara memeriksa dan memperbaikinya tentu akan menghemat waktu Anda, bukan hanya memberikannya kepada tukang reparasi komputer.

Baca Juga  Cara Mengubah Smartphone Jadi Webcam PC

Apa yang harus diperiksa dan diperbaiki ketika laptop menjadi lemot? Mari ikuti beberapa metode di bawah ini.

1. Periksa dan hapus aplikasi yang tidak perlu

Coba buka panel kontrol dan periksa aplikasi dan fitur yang telah Anda instal di laptop. Seharusnya ada banyak aplikasi yang tidak Anda gunakan. Anda juga dapat menginstalnya dan lupa untuk menghapusnya lagi.

Terlalu banyak aplikasi mengisi penyimpanan di Drive C. Sehingga sistem akan bekerja lebih lama saat membaca data. Karenanya, hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan agar sistem berfungsi.

2. Pindai laptop dengan antivirus

Cara selanjutnya untuk mengatasi laptop yang lemot adalah melalui antivirus. Anda harus dilengkapi dengan program antivirus, tetapi apakah Anda mengatur ini secara otomatis? Jangan menggunakan terlalu banyak antivirus, karena itu juga membuat sistem terlalu berat untuk dibaca. Juga, jangan lupa memindai secara rutin. Apalagi jika laptop Anda terhubung ke internet setiap hari.

3. Periksa kembali kinerja hard disk

Hard drive memiliki usia dan Anda harus memeriksanya secara teratur. Jika hard drive masih baru, coba defragmentasi yaitu mengembalikan ke performa semula. Jika metode ini tidak berhasil, satu-satunya cara untuk menggantinya adalah dengan hard drive baru. cara mengatasi laptop lemot Anda juga dapat mengganti hard drive dengan solid state drive dengan fungsi yang lebih cepat. Karena itu laptop mulai lebih cepat.

4. Tingkatkan RAM

Coba lagi untuk mencari tahu perangkat lunak apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan perangkat lunak berat seperti perangkat lunak pengeditan video, Anda harus memperhatikan kapasitas RAM. Kinerja laptop akan menurun jika RAM yang digunakan tidak memenuhi syarat dengan perangkat lunak yang diinstal.

Baca Juga  MENYAMBUNGKAN HP KE TV DENGAN MUDAH

Jika laptop Anda saat ini masih menggunakan 4 GB RAM maka Anda harus mengganti yang lebih tinggi seperti 8 GB. Menambahkan RAM ini akan mempercepat laptop bahkan jika Anda menggunakan perangkat lunak yang berat.

5. Instal Ulang adalah salah satu cara mengatasi laptop lemot

Jika ternyata semua solusi di atas, tetapi masih belum ada perubahan, maka Anda mungkin harus menginstal ulang Windows. Metode ini memudahkan untuk mengetahui apakah ada kerusakan perangkat keras pada laptop. Jika ternyata laptop masih lemot setelah instalasi ulang, maka ada penyebab kerusakan perangkat keras yang perlu diperbaiki.

6. Instal aplikasi Laptop Booster

Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi yang mengoptimalkan penggunaan laptop. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan seperti CCleaner, IObit Advance SystemCare Razer Game Booster, dll. Perangkat lunak ini dapat digunakan ketika kinerja laptop mulai melemot dan akan mengoptimalkan secara optimal. Ia bahkan dapat mendeteksi kerusakan perangkat lunak yang terjadi pada laptop Anda.

Satu per satu, coba selidiki kerusakan yang terjadi pada laptop yang lemot. Mulailah dengan memeriksa perangkat lunak dan kemudian perangkat keras. Jangan lupa juga menggunakan pad keren untuk mencegah laptop menjadi hangat dan lemot.

Sekian duli artikel tentang cara mengatasi laptop lemot semoga bermanfaat.

Baca juga