cara mengetahui ip address komputer lain

Cara Mengetahui IP Address Komputer Lain

Posted on

Cara mengetahui ip address komputer lain dalam satu sangatlah mudah. Alamat IP adalah alamat unik milik masing-masing komputer atau laptop yang akan digunakan sehingga komputer dapat terhubung ke jaringan, alamat IP memiliki kelas yang dapat menentukan jumlah jaringan dan jumlah host atau jumlah komputer atau jumlah komputer terhubung ke jaringan, kelas yang paling banyak digunakan adalah kelas A, B dan kelas C, kelas A memiliki jumlah jaringan paling sedikit tetapi jumlah host tertinggi (komputer yang terhubung ke jaringan), diikuti oleh kelas B dan akhirnya oleh kelas C.

Alamat IP yang paling banyak digunakan pada jaringan lokal, misalnya untuk kantor, sekolah atau lembaga di suatu lokasi, umumnya dari kelas C, alasannya adalah bahwa komputer yang dapat dihubungkan ke jaringan menggunakan kelas C adalah jumlah minimum sehingga ini digunakan lebih efektif untuk jaringan lokal. Oh ya, di sini saya tidak akan membahas panjang lebar tentang diskusi kelas alamat IP ini, yang akan saya bahas di sini tentang cara mengetahui alamat IP komputer seseorang yang terhubung ke jaringan.

Kadang-kadang alamat IP pada komputer baik komputer Anda sendiri dan orang lain yang terhubung ke jaringan ingin dipantau dan dikenal untuk tujuan apa pun, tetapi biasanya untuk tujuan administrasi jaringan seperti memblokir alamat IP tertentu, membatasi lebar bandwidth jaringan dll., Apa pun tujuan sebenarnya adalah untuk mengetahui alamat IP komputer sangat sederhana tetapi sayangnya karena kurangnya pengetahuan tentang ilmu jaringan dan yang paling jarang digunakan itu tidak tahu bagaimana atau lupa bagaimana caranya.

Baca Juga  Cara Mengunci Folder di Komputer

Pada artikel ini saya akan mencoba berbagi cara mengetahui alamat IP pada komputer Anda sendiri dan orang lain yang terhubung ke jaringan sehingga Anda dapat menggunakannya untuk tujuan tertentu.

cara mengetahui ip address komputer lain dalam satu jaringan

Untuk mengetahui alamat IP komputer orang lain atau komputer Anda yang terhubung ke jaringan, Anda dapat menggunakan alat khusus atau juga menggunakan command prompt (CMD) yang disediakan oleh , tetapi yang paling sederhana jelas menggunakan ‘bantuan dari perangkat lunak khusus, ada banyak perangkat lunak yang dapat digunakan baik berbayar maupun tidak berbayar.

Berikut adalah beberapa cara mengetahui ip address komputer lain dalam satu jaringan

1. Cara mengetahui alamat IP komputer sendiri

Sebelum membahas cara melacak alamat IP orang lain yang terhubung ke jaringan, saya akan mulai dengan mencari tahu alamat IP komputer itu sendiri. Untuk mengetahui alamat IP Anda, ada beberapa cara Anda bisa melakukannya, tetapi yang paling praktis adalah dengan menggunakan command prompt, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a.Di komputer Anda Klik pada menu Start, lalu cari kata kunci CMD, maka aplikasi prompt perintah yang siap Anda gunakan akan terbuka.

b. Untuk mengetahui alamat IP komputer itu sendiri, ketikkan perintah ipconfig / all lalu masukkan, alamat IP untuk komputer Anda akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Karena komputer saya terhubung melalui nirkabel, informasi yang ditampilkan adalah adaptor LAN nirkabel, koneksi jaringan nirkabel, untuk melihat alamat IP itu sendiri, lihat sisi kanan penulisan alamat IPV4: Alamat IP komputer yang saya gunakan adalah 192.168. 0,113

2. Cara melacak alamat IP komputer orang lain

Sekarang bagaimana Anda menemukan alamat IP komputer orang lain yang terhubung ke jaringan? Untuk menemukan bahwa cara termudah adalah dengan menggunakan alat khusus, aplikasi yang dapat digunakan adalah pemindai IP gratis yang dapat Anda unduh menggunakan salah satu tautan berikut:

Baca Juga  Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Software

http://www.hide-windows.com/Download/ipscan.exe
http://www.eusing.com/Download/ipscan.exe
http://www.regsw.com/download/ipscan.exe

Free IP Scanner adalah perangkat lunak gratis yang dapat digunakan untuk mengetahui alamat IP dengan sangat cepat, dalam satu klik alamat IP untuk setiap komputer orang lain yang terhubung ke jaringan akan sangat mudah diketahui.

Informasi yang ditampilkan oleh alat ini cukup lengkap yang meliputi:

  • alamat IP
  • Nama workgroup (nama grup jaringan yang digunakan)
  • Nama host (nama komputer yang terhubung ke jaringan)
  • Pengguna
  • Alamat Mac e
  • Pintu

Langkah-langkah cara mengetahui ip address komputer lain dalam satu jaringan adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Free IP Scanner yang terinstal di komputer Anda, itu akan ditampilkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
  2. Masukkan alamat IP yang ingin Anda pindai dalam kotak Run from IP, standarnya adalah dari 192.168.0.1 hingga 192.168.0.255, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan yang Anda inginkan berdasarkan alamat IP yang ingin Anda verifikasi atau tinggalkan. .
  3. 3. Kemudian tekan tombol Mulai pindai, tunggu sebentar, informasi alamat IP yang dipindai akan ditampilkan. centang opsi Customize IP Port dan Hide Dead Hosts sehingga alamat IP komputer yang aktif ditampilkan.

Sampai langkah-langkah sebelumnya Anda sudah bisa cara mengetahui ip address komputer lain dalam satu jaringan. tolong gunakan dengan bijak untuk tidak disalahgunakan.

SekianĀ  artikel tentang cara mengetahui ip address komputer lain di jaringan dapat membantu, terima kasih sudah mengunjungi Pintarkomputer.id jangan lupa baca juga