cara menggunakan google meet

Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat Online

Posted on

Cara Menggunakan Google Meet Untuk Rapat Online Di tengah pandemi Covid 19, banyak dari kita masih harus bekerja atau menjadi produktif dan bahkan mengadakan pertemuan di rumah. Publik sibuk mencari dan beralih ke aplikasi konferensi video. Aplikasi konferensi video cukup besar, tetapi di sisi lain, ada juga banyak berita aneh tentang keamanan aplikasi konferensi video.

Cara Menggunakan Google Meet

Untuk menghindari meluasnya penggunaan korona, ada beberapa perusahaan yang menerapkan pedoman pekerjaan rumah atau pekerjaan dari rumah. Bekerja dari rumah bukan berarti mengurangi produktivitas.

Sementara pertemuan tatap muka dihapuskan, ada cara lain untuk mengadakan pertemuan untuk membahas masalah-masalah penting dari rumah.

Yang paling sederhana adalah konferensi video. Ada sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk konferensi video dari perangkat komputasi dan smartphone.

Salah satu yang dapat digunakan adalah aplikasi Hangout Meet. Aplikasi ini dibuat oleh Google adalah premi alias berbayar. Namun, Google akan terus menawarkan layanan ini gratis hingga 1 Juli 2020, sehingga karyawan yang bekerja dari rumah dapat menghindari virus korona.

Google Hangouts Meet dapat digunakan tidak hanya untuk rapat, tetapi juga untuk rapat lain, seperti. untuk kegiatan belajar mengajar.

Google Hangouts Meet ini dapat menampung hingga 250 peserta dalam panggilan konferensi. Konferensi teleconference langsung dapat dilihat dengan domain hingga 100.000 pemirsa.

Karena alasan ini, kami menyarankan teman menggunakan Google Meet. Jika teman tidak tahu cara menggunakannya, kami akan memberi tahu Anda caranya. mari kita  simak

1. Cara menggunakan Google Meet di PC

  1. Akses situs web ini (https://meet.google.com/) menggunakan browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge atau Safari
  2. Klik “Gabung Rapat atau Mulai Rapat.”
  3. Tuliskan judul pertemuan atau kode konferensi agar peserta yang salah tidak ambil bagian (Anda juga dapat membiarkannya kosong jika ini tidak perlu).
  4. Situs ini meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Setelah menerima izin, Anda cukup mengklik opsi “Gabung Sekarang” untuk membuat ruang rapat virtual atau “Present” untuk memberikan presentasi di layar PC.
  5. Saat ruang rapat virtual siap, Anda dapat mengundang peserta rapat lain untuk memasukkan tautan konferensi video atau menambahkan orang dengan alamat email Anda dan menunggu untuk bergabung dengan konferensi.
Baca Juga  Cara menonaktifkan Windows Defender Permanen

Bukankah Google Meet mudah? Selain jalan laptop / PC, kami juga akan menjelaskan penggunaan ponsel Android.

2. Mengunakan Google Meet di HP

  1. Pertama, unduh aplikasi Google Hangouts Meet dari Android Play Store Anda (atau unduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.meetings&hl= in turun).
  2. Setelah unduhan selesai, Anda akan diminta masuk dengan email Gmail
  3. Setelah mendaftar, Anda dapat segera memulai percakapan grup, baik itu obrolan grup atau konferensi video.
  4. Cukup klik ikon () di sudut kanan bawah dan pilih “Panggilan Video Baru”.
  5. Anda juga akan diminta untuk menambahkan obrolan peserta menggunakan nomor ponsel atau alamat email Anda. Undangan SMS dikirim untuk menambahkan peserta obrolan dengan nomor ponsel. Jika Anda menggunakan email sementara itu, undangan akan dipindahkan ke kotak masuk email Anda.
  6. Tunggu semua orang yang diundang untuk menghadiri konferensi
  7. Jika Anda adalah peserta yang telah diundang oleh penyelenggara rapat virtual, Anda cukup mengklik tautan yang dikirim melalui email atau teks. Maka Anda secara otomatis mengambil bagian dalam konferensi video.

Harap perhatikan bahwa orang yang tidak diundang ke konferensi atau tidak memiliki akun G Suite harus mendapatkan persetujuan dari peserta yang terdaftar jika mereka ingin hadir. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengganggu dalam sesi tersebut.

Itulah artikel tentang Cara Menggunakan Google Meet untuk rapat online, baik dengan menggunakan PC maupun HP. Jangan lupa Baca juga artikel menarik dari PintarKomputer.id di bawah ini.