Cara menonaktifkan Windows Defender Permanen

Posted on

Cara menonaktifkan Windows Defender Sering kali saat kita akan menginstal aplikasi kita merasa kesal karena tiba-tiba aplikasi yang akan kita install diblokir oleh windows defender. Sebenarnya hal itu adalah fungsi pencegahan pada sistem komputer untuk mencegah dari virus dan aplikasi berbahaya.

Cara menonaktifkan Windows Defender secara permanen pada Windows 10

Windows Defender adalah antivirus gratis yang secara default dimasukkan Microsoft pada Windows 10 untuk menangani malware dan sejenisnya.

Meskipun bagus dan dapat diandalkan untuk pengguna, ada situasi di mana mereka ingin menonaktifkannya secara permanen atau sementara.

Misalnya, jika Anda ingin melakukan tugas tertentu dan perlu menonaktifkan fitur ini di perangkat atau jika Anda perlu mengikuti pedoman keamanan organisasi Anda.

Untuk alasan keamanan, kami menyarankan Anda tidak menyelesaikan tutorial ini kecuali Anda memiliki AntiVirus pihak ketiga. Jika Anda benar-benar tidak memiliki masalah, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan antivirus Windows Defender.

Cara menonaktifkan Windows Defender Antivirus menggunakan Windows Security

Jika Anda ingin melakukan tugas tertentu sebelum menonaktifkan solusi keamanan default, tidak perlu menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

Anda hanya perlu mematikannya sementara.

Periksa langkah-langkah berikut:

  1. Mulai buka menu start
  2. Cari Keamanan Windows / Windows Security dan buka
  3. Klik Perlindungan Virus dan Ancaman / Virus & threat Protection
  4. Selesaikan bagian “Virus & threat Protection” dan klik “Manage settings
  5. Nonaktifkan Windows Defender dengan mengklik “Real-time protection“.
Baca Juga  Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Software

cara menonaktifkan windows defender

Setelah menyelesaikan langkah-langkahnya, Antivirus menonaktifkan Real-time protection, yang memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi atau membuat beberapa perubahan pada sistem yang tidak dapat dilakukan sebelumnya karena fitur keamanan memblokir tindakan.

Untuk mengaktifkan kembali Real-time protection, nyalakan kembali komputer Anda atau gunakan instruksi yang sama seperti yang dijelaskan di atas, tetapi pada langkah 5, pastikan bahwa pilihan  “Real-time protection” dihidupkan.

Tentu saja, ini bukan solusi untuk menonaktifkan antivirus secara permanen, tetapi ini adalah pilihan terbaik jika Anda terjebak pada kegiatan tertentu.

Nonaktifkan Windows Defender menggunakan Group Policy

Jika perangkat Anda menjalankan Windows 10 Pro, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen. Namun, Anda harus terlebih dahulu menonaktifkan fitur perlindungan tamper sebelum mencoba untuk menonaktifkan program perlindungan virus. Jika tidak, fungsi keselamatan akan dihidupkan ulang secara otomatis pada restart berikutnya.

Nonaktifkan perlindungan tamper

Untuk menonaktifkan fungsi ini, Anda perlu melakukan hal berikut:

  1. Mulai buka start
  2. Cari Windows Security  dan buka
  3. Klik Virus & threat protection
  4. Di bagian “Virus & threat protection settings“, klik Kelola pengaturan
  5. Nonaktifkan perlindungan tamper
  6. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kini Anda dapat menonaktifkan Antivirus secara permanen menggunakan Kebijakan Grup.

Nonaktifkan Windows Defender secara Permanent

Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Memulai Buka
  2. Pilih gpedit.msc dan kemudian Local Group Policy Editor.
  3. Ikuti instruksi di bawah ini: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus
  4. Klik dua kali  Turn off Windows Defender Antivirus  untuk menonaktifkan Windows Defendercara nonaktifkan windows defender
  5. Pilih Aktifkan untuk menonaktifkan
  6. Klik Terapkan
  7. Klik OK
  8. Mulai ulang perangkat Anda
Baca Juga  CARA DOWNLOAD VIDEO DI YOUTUBE

Setelah mengikuti langkah-langkah sebelumnya, Windows Defender sekarang tidak aktif secara permanen.

Pastikan lagi bahwa Anda menggunakan AntiVirus pihak ketiga saat Anda menjalankan tutorial ini.

Jika Anda harus membatalkan perubahan, Anda selalu dapat mengaktifkan kembali Windows Defender menggunakan instruksi di atas, tetapi pada langkah 5, pastikan Anda telah memilih opsi Tidak dikonfigurasi dan restart komputer Anda untuk membuat perubahan terdeteksi. Juga, jangan lupa fitur “Perlindungan tamper” dengan langkah-langkah yang sama di atas, tetapi pada langkah 5, pastikan untuk menghidupkan pilihan.

Itulah Cara menonaktifkan Windows Defender secara permanen di windows 10. semoga bermanfaat.