cara partisi windows 10

Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Software

Posted on

Cara Partisi Hardisk Windows 10 – Partisi hard drive mungkin akrab di dunia komputer. Mempartisi hard disk adalah metode membagi hard disk menjadi beberapa bagian (partisi) sehingga pengelolaan data lebih akurat dan terstruktur.

Cara Partisi Hardisk Windows 10

Bagi saya pribadi, Cara Partisi Hardisk Windows 10 harus dilakukan untuk semua pengguna komputer, sehingga kita dapat mengelompokkan data sesuai dengan lokasinya. Misalnya, saya memiliki bagian yang disebut TUGAS TULAS KULIAH, sehingga semua data atau file yang terkait dengan tujuan akan ditempatkan di bagian ini.

Cara  partisi harddisk Windows 10

Untuk pengguna Windows 10, mungkinkah Anda memikirkan bagaimana Cara Partisi Hardisk Windows 10? Sekarang di artikel berikutnya saya akan menjelaskan sebanyak mungkin tentang cara mempartisi hard drive di Windows 10, dimulai dengan mengurangi ukuran partisi, membuat partisi baru, menghapus partisi untuk menambah ukuran partisi. Saya akan menjelaskan semuanya secara lengkap.

Jika Anda baru saja membeli PC atau hard drive baru ketika Windows sudah diinstal, Anda mungkin mengerti bahwa pabrikan telah membuat partisi yang sengaja dikonfigurasikan untuk sejumlah besar hard drive Anda. Misalnya, jika hard drive 500 GB diinstal pada komputer Anda, pabrikan biasanya menginstal satu partisi 440 GB di mana Windows diinstal pada partisi ini.

Pengguna PC rata-rata lebih suka memiliki banyak partisi untuk menghindari kehilangan data saat menginstal ulang Windows. Jika Anda merasa bahwa bagian “C” Anda terlalu besar dan Anda ingin membaginya menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Baca Juga  Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Menggunakan Manajemen Disk untuk Membuat atau Membagi Partisi di Windows

Untungnya, alat manajemen disk yang dapat kita gunakan untuk mempartisi, mengompresi dan memperbesar partisi di Windows 10. Aplikasi manajemen disk menawarkan antarmuka berbasis wizard untuk berbagai keperluan, termasuk membelah dan membuat partisi baru. Uniknya, Anda tidak akan kehilangan data saat melakukan operasi ini.

  1. Cara membuat Partisi Windows 10 baru
  2. Klik Mulai atau klik ikon pencarian.
  3. Kemudian cukup ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter.
  4. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman manajemen disk.
  5. Pada halaman manajemen disk, Anda akan melihat seluruh daftar partisi yang ada.
  6. Kemudian pindahkan kursor ke salah satu bagian di mana ada cukup ruang untuk digunakan sebagai bagian baru (misalnya, bagian D).cara partisi windows 10
  7. Klik kanan bagian yang ingin Anda bagikan dan pilih opsi “Kurangi Volume”.
  8. Kemudian tentukan jumlah ukuran untuk partisi baru (kapasitas partisi ditunjukkan dalam MB).
    Jika demikian, klik Kecilkan.
  9. Kemudian tunggu beberapa detik hingga partisi baru muncul, tetapi masih belum siap untuk digunakan (Tidak dialokasikan).
  10. Untuk mempersiapkan partisi untuk digunakan, klik kanan pada partisi dan pilih New Simple Volume.cara partisi windows 10
  11. Kemudian klik Next.
  12. Kemudian tunjukkan berapa banyak sumber daya yang ingin Anda buat di bagian baru.
  13. Jika kapasitas ditentukan, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dengan mengklik Berikutnya.
  14. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih huruf drive di bagian baru. Huruf drive adalah identitas partisi

Buat partisi baru dari ruang yang tidak terisi

Cara Partisi Hardisk Windows 10 dari ruang yang tidak terisi yang kami terima pada langkah sebelumnya, klik Volume sederhana baru, klik Berikutnya dan pilih karakter yang ingin Anda gunakan di partisi baru. Setelah itu, pilih sistem file, klik Next dan akhirnya klik tombol Finish untuk memulai proses membuat partisi baru.

Baca Juga  Pengertian Sistem Pemerintahan

Jika Anda mengalami kesulitan mengelola disk, Anda juga dapat menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan Windows 10 pihak ketiga, seperti MiniTool Partition Wizard, AOMEI Partition Assistant Edisi Standar, atau EaseUS Partition Master.

 

Baca Juga