Cara Screenhot Komputer Tanpa Aplikasi

Posted on

Cara Screenhot di Komputer tanpa Aplikasi . Ternyata screenshot dapat dibuat tidak hanya di ponsel. Anda juga dapat tangkapan layar di komputer menggunakan metode ini. Di komputer, layar ini lebih dikenal sebagai print screen.

Mungkin Anda sudah tahu metode yang bisa Anda lakukan. Tapi mungkin ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot layar komputer Anda. Nah, di sini kita telah merangkum betapa mudahnya mengambil screenshot di komputer. mari kita simak ulasana Pintar Komputer berikut ini

Cara Mudah Screenhot di Komputer tanpa Aplikasi

1. Gunakan tombol PrtScr

Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi

Metode pertama sangat populer, mungkin Anda sudah mengetahuinya. Metode ini menangkap semua bagian layar komputer dengan satu klik.

Anda dapat menekan tombol PrtScr, yang biasanya terletak di sudut kanan atas keyboard. screenshot segera disimpan ke clipboard. Jadi yang harus Anda lakukan adalah memasukkannya. Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi

Anda dapat mengakses halaman kerja Office, seperti B. MS Word atau Power Point. Namun, menghubungkannya ke aplikasi Paint lebih mudah. Setelah dibuka, tekan Ctrl + V. Screenshot akan segera ditampilkan. Terakhir, simpan gambar, simpan dan pilih lokasi penyimpanan seperti biasa.

2. Gunakan tombol Windows + PrtScr

Kemudian, gunakan pintasan keyboard Windows + PrtScr. Metode ini yang paling efektif, mengapa? Karena Anda tidak perlu lagi khawatir menyalin gambar dalam aplikasi Paint. Namun, perhatikan bahwa metode ini hanya dapat dilakukan pada Windows 10. Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi

Baca Juga  Cara Mengunci Folder di Komputer

Caranya adalah dengan secara bersamaan menekan tombol Windows (antara tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr. Hingga layar komputer mulai berkedip. Untuk melihat screenshot komputer

3. Gunakan tombol Alt + PrtScr

Pilihan lain adalah menggunakan tombol-tombol ini secara bersamaan. Tombol ini hanya mengambil screenshot dari jendela yang aktif.

Kemudian ulangi metode tempel, seperti pada langkah sebelumnya dengan Paint. Penting juga untuk dicatat bahwa pada beberapa komputer mungkin perlu menekan Alt + Fn + PrtScr.

4. Cara Screenhot Komputer dengan Snipping tool

Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi

Aplikasi ini adalah alat yang ada dan bagian dari Windows. Jadi ini sudah ada di komputer Anda, bahkan jika Anda merasa belum pernah menginstalnya. Aplikasi ini awalnya tersedia di Windows Vista.

Alat pemangkasan ini sebenarnya digunakan untuk mengambil screenshot dalam format yang lebih fleksibel. Misalnya, B. bentuk bebas, persegi panjang, hanya jendela aktif atau layar penuh.

Layar dengan alat juga sangat sederhana. Cukup buka aplikasi dan jendela aktif akan muncul. Kemudian cukup pilih bentuk tertentu dan klik panah di sebelah kiri.
Layar komputer dengan gunting

Kemudian cukup pilih area layar yang ingin Anda ambil screenshot dan pratinjau akan segera muncul. Terakhir, simpan screenshot seperti biasa dengan mengklik disket di sudut kiri atas. Untuk mempermudah, Anda dapat menambahkan aplikasi “Alat Tangkap” ke bagian “Bilah Tugas”.

5. Tombol Windows + Shift + S.

Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi

Jika Anda menekan tombol-tombol ini secara bersamaan, layar komputer akan berubah menjadi abu-abu. Kursor berubah menjadi tanda plus. Anda dapat memilih area spesifik layar di mana Anda ingin mengambil screenshot dengan mengklik dan menariknya. Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi. Layar di area yang dipilih disalin ke clipboard dan hasilnya disisipkan ke dalam aplikasi Paint seperti biasa.

Baca Juga  6 Cara Mengatasi Laptop Lemot

6.  Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi Menggunakan game Bar

Cara Screenhot Komputer tanpa Aplikasi
Seperti yang sudah kita ketahui, Windows 10 memiliki fitur game bar. Yakni, aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk merekam film dan mengambil screenshot dari game. Sekarang, sebelum menggunakan game pad ini, tentu saja, Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi Xbox. Fitur ini sudah ada dan merupakan fitur default di Windows 10.

Jika sudah terbuka, silakan buka pengaturan di aplikasi. Temukan opsi Game DVR, lalu klik “Ambil Screenshot Menggunakan Game DVR“.

Atau Anda juga dapat menggunakan kombinasi default dengan menekan tombol Windows + G. Dia juga dapat memasukkan pilihan pintasan keyboard Anda untuk membuka panel game.

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol Windows + G atau sakelar tadi. Dan klik pada kotak “Ya, ini adalah permainan” jika itu muncul.

Kemudian klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar dapat dilihat di C: Users [nama pengguna] VideosCaptures.

Demikianlah cara mengambil screenshot di komputer yang sangat mudah dan praktis. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah memilih yang cocok untuk Anda dan dianggap yang paling mudah. Saya harap informasi sederhana ini bermanfaat, terima kasih atas kunjungan di Pintarkomputer.id  dan semoga sukses.

Baca juga :