Cara Screenshot Di Laptop

CARA SCREENSHOT DI LAPTOP DENGAN MUDAH

Posted on

Bagaimana Cara Screenshot Di Laptop?

Pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara screenshot di laptop. Sebelumnya mulai membahasnya, tentu penting untuk mengetahui apa  arti screenshot itu sendiri. Screenshot adalah kegiatan mengambil gambar pada layar perangkat anda. Biasanya screenshot digunakan untuk mengambil gambar yang tidak bisa didownload atau ada bagian video yang anda tonton ingin diabadikan dalam bentuk gambar. Tidak hanya pada smartphone, fitur screenshot juga terdapat pada laptop.

6 Cara Screenshot Di Laptop

Laptop biasanya sudah dilengkapi dengan fitur screenshoot. Jika anda masih bingung dengan caranya, cobalah simak penjelasan di bawah ini.

1.Tombol PrtSc

Pada laptop, screenshot biasanya dikenal dengan istilah print screen. Caranya screenshot di laptop dengan metode ini sangat mudah, hanya dengan menekan tombol PrtSc pada keyboard laptop anda. Letak tombol ini berbeda-beda pada setiap laptop. Namun untuk menampilkan hasilnya anda perlu menekan Ctrl+V atau tombol paste pada aplikasi paint laptop anda. Hasil screenshoot berupa satu tangkapan layar penuh. Jika anda hanya menginginkan bagian tertentu, anda bisa mengeditnya langsung pada aplikasi paint.

2.Alt+PrtSc

Caranya screenshot di laptop kali ini masih menggunakan tombol PrtSc namun dengan cara yang berbeda. Caranya, cukup dengan menekan bersamaan tombol PrtSc dengan tombol Alt pada keyboard. Perbedaannya dengan cara pertama terletak pada hasilnya. Untuk cara ini tangkapan layar yang dihasilkan hanya berupa jendela yang sedang aktif atau sedang di buka. Cara menampilkan hasilnya pun sama yaitu dengan membuka paint dan menekan Ctrl+V.

Baca Juga  WhatsApp Sekarang Sudah Bisa Dark Mode, Begini Cara Pakainya

3.Tombol Windows+PrtSc

Kedua cara sebelumnya menggunakan paint sebagai aplikasi tambahan untuk membuka dan menyimpan hasil screenshot. Jika anda merasa itu agak merepotkan, maka cara screenshot di laptop yang satu ini cukup praktis yaitu menekan tombol windows bersamaan dengan tombol PrtSc sehingga hasil tangkapan layar laptop anda langsung tersimpan di direktori C pada folder screenshots laptop anda.

4.Snipping Tool

Cara screenshot di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan Snipping Tool yang merupakan aplikasi bawaan pada windows 7 hingga windows 10. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk langsung mengatur bagian yang hanya ingin diambil. Caranya dengan mengklik tombol start pada layar laptop anda dan mengetik Snipping Tool pada kolom search programs and files. Setelah muncul anda tinggal mengklik aplikasi tersebut dan memilih new dan mulailah menarik kursor pada bagian yang ingin anda screenshot. Setelah itu akan muncul jendela yang menampilkan hasil tangkapan layar anda. Pada jendela tersebut anda bisa mengeditnya terlebih dahulu jika diperlukan, namun jika tidak anda tinggal menekan Ctrl+S untuk menyimpannya.

5.Light Shoot

Aplikasi yang harus diunduh terlebih dahulu ini sudah cukup terkenal dikalangan pengguna laptop. Aplikasi ini merupakan aplikasi tambahan yang harus diinstal terlebih dahulu pada laptop anda. Setelah Light Shoot terpasang, anda tinggal menekan tombol PrtSc pada laptop maka secara otomatis aplikasi ini akan bekerja. Tampilan layar anda akan sedikit redup yang berarti aplikasi telah bekerja. Anda tinggal menggerakkan kursor dan menyeretnya ke bagian yang ingin anda screenshot. Setelah itu akan muncul tampilan jendela dari light shoot untuk mengedit hasilnya dan menyimpannya.

  1. Extension di Chrome

Jika laptop anda menggunakan chrome sebagai browser, maka cara screenshot di laptop berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menambah extension terlebih dahulu pada Chrome anda. Caranya cukup gampang, cukup dengan membuka fitur extention pada bowser Chrome anda  dan lakukan pencarian di browser dengan mengetik “Awesome Screenshot”. Setelah mendapatkan hasilnya anda hanya perlu mengklik Add to Chrome. Jika sudah terpasang, anda tinggal mengklik extension ini sehingga anda sudah bisa menscreenshoot bagian yang anda inginkan.

Baca Juga  Cara Menyambung Hp Oppo ke TV

Demikianlah 6 cara screenshot di laptop yang bisa anda gunakan salah satunya untuk melakukan screenshot pada laptop anda. Anda tinggal memilih cara yang paling mudah dan sesuai kebutuhan anda.

One thought on “CARA SCREENSHOT DI LAPTOP DENGAN MUDAH

  1. Pingback: CARA MENGHILANGKAN VIRUS DI LAPTOP - Pintar Komputer

Leave a Reply