definisi sistem informasi manajemen

Definisi Sistem Informasi Manajemen

Posted on

Informasi

Definisi sistem informasi manajemen, adalah seperangkat prosedur gabungan yang mengumpulkan dan menghasilkan data yang andal, relevan, dan terorganisir dengan baik yang mendukung proses pengambilan keputusan suatu organisasi. Singkatnya, ini adalah sekelompok proses di mana data diperoleh, dianalisa, di proses, dan ditampilkan dengan cara yang berguna untuk tujuan pengambilan keputusan.

Sistem ini adalah alat yang sangat berguna untuk tujuan meninjau dan mengendalikan operasi perusahaan. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengatur semua data yang dikumpulkan dari setiap tingkat perusahaan, meringkasnya, dan menyajikannya dengan cara yang memfasilitasi dan meningkatkan kualitas keputusan yang diambil untuk meningkatkan profitabilitas dan produktivitas perusahaan.

Sistem ini biasanya berbasis komputer termasuk lembar excel sederhana atau platform yang lebih kompleks. Informasi yang dikumpulkan dan dianaliasa dalam sistem biasanya berasal dari sumber internal dan eksternal.

Konsep Dasar Informasi

Ada beberapa definisi, termasuk:

  1. Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  2. Sesuatu yang nyata atau setengah nyata yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan atau kejadian. Sebagai contoh, informasi yang menyatakan bahwa nilai rupiah akan naik, akan mengurangi ketidakpastian mengenai jadi tidaknya sebuah investasi akan dilakukan.
  3. Data organized to help choose some current or future action or nonaction to fullfill company goals (the choice is called business decision making)

Fungsi atau Manfaat Manajemen

informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat informasi yang berguna untuk manajamen, analis sistem harus mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan, yaitu untuk menyadari kegiatan untuk setiap tingkat (level), dan jenis keputusan manajemen. Berdasarkan konsep di atas, kita melihat bahwa tujuan dari pelaksanaan Iyalah sehingga sebuah organisasi dapat memiliki informasi yang berguna untuk membuat keputusan manajemen, keputusan yang baik hasil keputusan saat ini atau strategis.

Baca Juga  Antivirus terbaik tahun ini Part.2

Jadi Definisi sistem Informasi  manajemen sistem yang menyediakan manajemen data organisasi atau informasi tentang pelaksanaan tugas-tugas organisasi.

Beberapa manfaat atau fungsi sistem informasi antara lain adalah :

  1. Meningkatkan aksesibilitas data yang disampaikan dalam tepat waktu dan akurat bagi pengguna, tanpa memerlukan sistem informasi mereka prantara.
  2. Memastikan ketersediaan kualitas dan kompetensi dalam penggunaan sistem informasi penting.
  3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  4. Mengidentifikasi kebutuhan keterampilan dukungan sistem informasi.
  5. Melaksanakan investasi akan diarahkan ke sistem informasi.
  6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi ekonomi dari sistem informasi dan teknologi baru.
  7. Meningkatkan produktivitas dalam pengembangan aplikasi dan pemeliharaan sistem.
  8. Organisasi menggunakan sistem informasi untuk proses transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau jasa.
  9. Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek untuk pelanggan dan membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi.

PENGERTIAN MANAJEMEN

Manajemen selalu dikaitkan dengan organisasi yang adalah sekelompok orang yang bekerja di semua bidang untuk mencapai tindakan tujuan. Meskipun mungkin urutan menafsirkan makna manajemen.

 

PENGERTIAN TEKNOLOGI

teknologi metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; atau ilmu terapan dapat diterjemahkan secara keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yangg diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Memasuki EraIndustrialisasi, realisasinya ditentukan dengan menguasai teknologi untuk Iyalah pertumbuhan industri teknologi mesin.

Kebanyakan berpikir produk teknologi Iyalah atau sesuatu yang baru. Namun, teknologi memiliki sangat panjang dan fenomena kontemporer

Demikianlah Definisi Sistem Informasi Manajemen, semoga bermanfaat.

Leave a Reply