jaringan komputer

Jaringan Komputer , Pengertian , Manfaat dan Jenisnya

Posted on

dapat digambarkan sebagai suatu perangkat yang saling berhubungan dan dapat berkomunikasi menggunakan standar umum (disebut protokol). Perangkat ini berkomunikasi dengan berbagi sumber daya (seperti file dan printer) dan layanan. Ini adalah sumber daya yang dapat mencakup printer atau file server.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal atau perangkat lain yang terhubung satu sama lain untuk memungkinkan berbagi . Jaringan komputer adalah seperangkat spesifik komputer yang saling berhubungan sebagai tujuan sumber daya. Contoh jaringan yang baik adalah , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia. Berikut ini adalah contoh dari gambar jaringan rumah dengan beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang terhubung satu sama lain dan ke .

Di bidang teknologi informasi, jaringan komputer juga disebut jaringan data, serangkaian poin dihubungkan oleh jalur komunikasi untuk mengirimkan, menerima dan pertukaran data, suara dan trafficking video. perangkat jaringan, termasuk switch dan router dengan menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk pertukaran informasi dan transportasi data ke titik tujuan akhir.

Setiap titik akhir (kadang-kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal yang unik, sering dalam bentuk alamat IP atau alamat Media Access Control, yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan dari transmisi. Endpoint dapat mencakup server, PC, ponsel dan berbagai jenis peralatan jaringan.

Baca Juga  Komputer Tidak Mau Nyala, Penyebab dan Solusi Sederhananya

Ada beberapa manfaat dari jaringan komputer, antara lain:

  1.  Dapat membantu orang untuk berhubungan dengan orang lain dengan mudah. Pada saat yang sama pengguna juga dapat mengirim dan menerima file dengan format yang berbeda, seperti teks, gambar, audio, video, dll
  2. Memungkinkan kita untuk melakukan proses transmisi data dengan sederhana, cepat dan efektif.
  3. Dapat mengakses berita atau informasi yang kita butuhkan sangat mudah melalui internet, di mana Internet adalah jaringan komputer.
  4. Kita bisa menggunakan alat bagi banyak orang di suatu instansi atau kantor, misalnya di kantor dengan banyak pengguna komputer dapat menggunakan printer secara bersama.

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus-berukuran sampai beberapa kilometer. LAN Menghubunkan sering digunakan untuk komputer pribadi dan workstation dalam kantor atau pabrik-pabrik perusahaan untuk menggunakan sumber daya bersama (seperti printer) dan bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan juga ditemukan di daerah kota.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), kisaran mencakup wilayah yang luas geografis, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang dimaksudkan untuk melakukan program (aplikasi) pengguna.

4. Internet

Bahkan, ada banyak dalam jaringan global, sering menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. Orang yang terhubung ke internet dapat berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke internet walaupun di jarak yang sangat jauh. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antara jaringan dan berbeda sering kampatible. Secara umum, perlu sebuah mesin yang disebut gateway untuk terlibat dan melaksanakan terjemahan

Baca Juga  Pengertian internet dan Manfaatnya

5. Jaringan Wireless

Jaringan nirkabel adalah solusi untuk komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan kabel. Misalnya,orang yang ingin mendapatkan informasi meskipun di dalam mobil atau pesawat, itu mutlak diperlukan karena jaringan kabel mungkin tidak tanpa sambungan kabel di dalam mobil atau pesawat. Saat ini, jaringan nirkabel cepat diadopsi oleh penggunaan layanan satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat melalui jaringan kabel.

 

Leave a Reply