Jenis-Jenis RAM

Jenis-Jenis RAM, fungsi dan gambarnya

Posted on

Jenis RAM

Jenis RAM komputer memiliki banyak variasi. Dari DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, DRAM FPM RAM, dan ada lebih. Jika berdasarkan fungsi RAM bisa sama, tetapi kapasitas yang ada dan membedakan kecepatan akses data.
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi program dan sudah dieksekusi oleh prosesor. RAM adalah penyimpanan sementara, itu berarti bahwa ketika komputer mati, RAM akan dihapus dan akan diisi dengan data baru bila diperlukan dan komputer yang digunakan. Tidak seperti tape atau urutan akses disk magnetik, isi RAM diakses secara acak atau tidak mengacu ke lokasi data. merek RAM ini lebih cepat dari hard drive atau media penyimpanan lainnya.
Berdasarkan definisi, RAM adalah memori akses acak adalah tempat untuk menyimpan data sementara ketika komputer atau laptop sedang berjalan dan dapat diakses kesempatan. RAM adalah fungsi yang sangat penting. Karena kinerja harus dibawa ke proses data yang masuk dengan cara yang berbeda untuk memori. Tidak mengherankan itu telah menginstal lebih RAM, kerja komputer lebih cepat.

Baca Juga  Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

RAM sendiri sering disebut memori utama atau memori utama, memori utama atau memori utama atau memori internal, atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer.

Bagian RAM

RAM memiliki bagian utama seperti:

1. PCB (Printed Circuit Board)

PCB (Printed Circuit Board), yang merupakan tepi yang terdiri dari beberapa lapisan, lapisan setiap lapisan adalah tetap jalan / sirkuit untuk aliran data atau sebagai distributor listrik.

 

2. Contact Point/ titik kontak

Titik kontak yang merupakan bagian dari RAM yang berfungsi sebagai konektor pada motherboard, yang terdiri dari batas tertentu, dibatasi oleh satu atau dua alur mengatakan NOTCH.

 

Fungsi RAM

Fungsi RAM adalah untuk mempercepat pengolahan data pada komputer. Lebih RAM yang Anda miliki, lebih untuk datang pada komputer.

Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan Mendia komputer atau laptop saat tinggal jika laptop atau komputer dimatikan, data yang disimpan dalam RAM akan hilang dan dihapus. Misalkan saat Anda mengetik dalam dokumen Microsoft Word atau Anda menutup tanpa menyimpan data di muka yang Anda masukkan akan disimpan dalam RAM sehingga Anda dapat membuka dokumen melalui sejarah masa lalu sebelumnya Microsoft Word.

Jenis Jenis RAM

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM (Dynamic Random Access Memory) adalah memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai alas untuk me-refresh data yang berisi. RAM memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari EDO RAM. Tapi kurang dari SRAM.

Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan satu kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja bervariasi antara 4,77MHz hingga 40 MHz.

Baca Juga  TERMS AND CONDITIONS

2. SDRAM (Dynamic Random Access Memory sychronous)

jenis ram sdramSDRAM (Dynamic Random Access Memory sychronous) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM, tapi diskronisasi oleh sistem jam dan memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. Cocok untuk kecepatan sistem bus dengan sampai 100 MHz.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan Pentium 4. Slot RAM untuk RD adalah 184 pin. Form RAM RD adalah tingkat Inline Memory Module (RIMM). gigi bisa 800 MHz.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

jenis ram sram

SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang diproduksi dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan lebih cepat periodik daur ulang. Namun, SRAM memiliki kelemahan, yaitu biaya produksi mahal, sehingga tersedia dalam kapasitas kecil dan sebagian pegangan yang benar-benar penting.

 

5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

jenis ram edoram
RAM, ia memiliki kemampuan yang lebih cepat untuk membaca dan transfer data sehubungan dengan RAM normal. EDO slot memori untuk RAM adalah 72 pin. EDO-RAM bentuk lebih panjang dari RAM yang dalam bentuk modul memori di baris (SIMM). Mampu kecepatan lebih dari 66 MHz.

 

6. FPM DRAM (modus halaman DRAM pertama)

jenis ram fpm ram
DRAM (FPM DRAM modus halaman pertama) adalah bentuk asli dari DRAM. Transfer rate maksimum L2 cache lebih dekat dengan 176 MB per detik. FPM beroperasi di rentang frekuensi 16MHz ke 66MHz dengan waktu akses sekitar 50ns.

 

7. flash RAM

Flash RAM adalah jenis memori berkapasitas rendah perngkat digunakan dalam elektronik seperti televisi, VCR, radio mobil, dan lainnya. Membutuhkan penyegaran dengan energi yang sangat sedikit.

Baca Juga  Privacy Policy for Pintar Komputer

8. VGRAM Random Access Memory (Graphic Video)

VGRAM Random Access Memory (Graphic Video) VGRAM ini biasanya digunakan untuk menyimpan isi dari piksel untuk grafik eksposur. Penggunaan smart VGRAM memberikan produksi video yang baik dan mengurangi ketegangan pada CPU.

9. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory)

RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM dan RAM saat ini beredar. RAM jenis ini mengkonsumsi listrik kurang. slot memori untuk 184-pin DDR SDRAM adalah, bentuknya RIMM.

10. SO-DIMM (garis kecil ganda in-line memory module)

SO-DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) adalah jenis memori yang digunakan dalam perangkat portabel. Kebugaran hampir setengah dari DDR biasa besar untuk menghemat ruang di mana sangat berharga pada perangkat mobile seperti laptop. perkembangan generasi SO-DIMM umumnya sejalan dengan perkembangan RAM untuk desktop. Ketika diluncurkan di pasar DDR3 SDRAM, DDR3 SO-DIMM juga diluncurkan. Modul ini menggunakan slot 204 yang memiliki pin.

 

Demikianlah Jenis-jenis RAM yang perlu di ketahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *