Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Posted on

CARA MENGATASI FLASHDISK WRITE PROTECTED –  Bukan rahasia lagi bahwa Flashdisk memiliki peran penting dalam mendukung pekerjaan harian kita  dengan komputer. Dengan Flashdisk kita dapat memindahkan file dari komputer atau dari Flashdisk ke komputer. Terlepas dari apa jenis file seperti foto, video, lagu, dokumen, dll. Mereka dimasukkan, kita bisa menyimpannya dalam flash. Enaknya lagi, kita bisa membawa Flashdisk  ke mana-mana, jadi banyak orang memilih Flashdisk  sebagai media eksternal untuk menyimpan data

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Kita pasti akan kesal jika Flashdisk hanya dapat memindahkan file dari Flashdisk  ke komputer atau laptop Anda. Kami benar-benar tidak dapat memindahkan data dari komputer atau laptop ke flashdisk. Jika kami memindahkan file dari komputer ke Flashdisk, mereka akan ditolak dan laporan “write protected” akan ditampilkan. Anehnya, kita tidak dapat memformat flashdisk lagi, bahkan ada salah satu file dalam flashdisk tidak dapat dihapus. Saat menggunakan flashdisk drive, terlepas dari apakah Anda memindahkan file dari komputer Anda, Anda menghapus file dalam memori flash, hingga format flash, yang hanya menampilkan peringatan “flashdisk write protected“. Ini berarti bahwa kemampuan untuk menulis flashdisk diblokir (proteksi).

Di balik ukuran flash, kami terkadang menemukan masalah bahwa salah satunya adalah case “read only“. Kami tidak dapat menggunakan Flashdisk seperti Flashdisk biasa. Aktivitas kami diblokir karena tidak mungkin mentransfer data dari komputer ke flash. Anda tidak dapat menghapus file pada flash, jadi flashdisk juga tidak bisa diformat.

Baca Juga  Cara Download Slideshare Tanpa Login

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kita masih bisa menggunakan flashdisk? Bisakah kita menyimpan flashdisk?

Dalam pengalaman 100% dari kasus Flashdisk read-only, hanya 99,99% yang dapat disimpan dan sisa flashdisk perlu diganti dengan yang baru. Biasanya, flashdisk drive yang tidak dapat lagi diperbaiki adalah perangkat flashdisk (perangkat keras) itu sendiri rusak.

Cari tahu cara Mengatasi Flashdisk read-only, yang telah berhasil diuji 99,99%

  1. Melalui “Safe Mode”
  2. Melalui “Safe Mode with Command Prompt”
  3. Melalui “Editor Registri”

Apa sebenarnya penyebab flashdisk hanya-baca? Flashdisk read-only memiliki banyak penyebab, salah satunya dan yang paling umum adalah tidak menggunakan cara yang benar untuk menggunakan Flashdisk. Hal-hal yang dianggap sepele dan bisa berakibat fatal adalah mengeluarkan flashdisk tanpa mengeluarkan atau melepaskan perangkat keras dengan aman. Mengatasi Flashdisk Write Protected

Flashdisk dapat menerima pesan kesalahan jika kami menghapus flashdisk tanpa terlebih dahulu mengeluarkannya. Terutama ketika flashdisk menulis data, data juga rusak dan flashdisk dituliskan dilindungi.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Oke, sekarang mari kita bahas cara Mengatasi Flashdisk read-only. Di sini saya membaginya menjadi tiga opsi, dan ternyata ada opsi lain. Tetapi untuk sementara dan karena takut bahwa artikel itu mungkin terlalu panjang, saya pertama kali membahas tiga opsi.

1. Melalui “Safe Mode”

Memperbaiki Flashdisk Write Protected
Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan save mode

Cara pertama untuk Mengatasi flashdisk yang tidak dapat diformat adalah dalam mode aman. Apakah Anda sudah tahu cara beralih ke mode aman? Jika Anda tidak tahu, lakukan kegiatan berikut:

  1. Nyalakan kembali komputer atau laptop Anda.
  2. Ketika komputer atau laptop dinyalakan kembali atau ketika BIOS komputer diterbitkan dan sebelum logo Windows muncul, tekan tombol F8 pada keyboard. Jika Anda khawatir dengan logo Windows, tahan F8 dari komputer atau laptop yang gagal.
  3. Kemudian pilih Safe Mode dan Enter. Memilih Mode Aman Anda dapat menggunakan panah atas dan bawah pada keyboard.
  4. Setelah komputer berhasil masuk ke Windows, format Flashdisk dengan mengklik kanan flashdisk drive dan mengklik Format. Untuk mempercepat proses pemformatan, pilih metode format cepat. Tunggu dan jika pesan “Format selesai” ditampilkan, format flashdisk berhasil.
Baca Juga  Perangkat keras komputer dan Fungsinya

2. Melalui “Safe Mode with Command Prompt”

Jika menggunakan trik Mengatasi Flashdisk Write Protected di atas gagal dan status flash drive masih hanya baca, coba metode kedua. Trik kedua adalah inputnya selalu sama dengan cara pertama BIOS komputer berhenti menulis posting Anda. Tekan F8 pada keyboard. Kemudian lakukan hal berikut:

  1. Pada langkah ini, jangan lupa untuk memasukkan flash disk yang bermasalah.
  2. Periksa huruf dari flash drive. Biasanya huruf drive adalah setelah akhir partisi hard disk. Jika hard drive dibagi menjadi 3 (C, D, dan E), huruf dari flash drive adalah F;
  3. Pilih Safe Mode dari Command Prompt ketika opsi startup komputer atau laptop muncul.
    Misalnya, ketika komputer atau laptop terisi penuh, driver huruf flash disk adalah F, ketik F: dan Enter. Jadi sepertinya ini: C: \ windows \ system32 \ F:
  4. Ketik perintah format F dan tekan Enter.
  5. Opsi (Y / N) ditampilkan. Ketik Y atau Ya dan tekan Enter.
  6. Jika berhasil, Anda sekarang dapat menggunakan kembali flash disk read-only seperti biasa.

 

3. Melalui “Registry Editor “

Memperbaiki Flashdisk Write Protected

Jika dua langkah sebelumnya masih gagal dan status flash drive masih hanya baca, jangan putus asa dulu, tetapi lakukan metode ketiga ini.

  1. Masukkan flash drive ke komputer atau laptop dan tunggu hingga flash drive dikenali dengan benar.
  2. Pilih opsi Jalankan di bawah Mulai atau gunakan jalan pintas untuk menekan tombol Windows + R pada keyboard untuk mengakses halaman Jalankan.
  3. Ketik regedit di kolom Jalankan dan tekan Enter atau klik OK.
  4. Untuk mempercepat proses, tekan tombol Ctrl + F pada keyboard. Fungsi ini menampilkan kolom pencarian.
  5. Masukkan perintah Baca Saja di bidang pencarian dan klik OK.
  6. Tunggu beberapa saat hingga registri baca-saja muncul. Pertama-tama hapus semua log atau hasil pencarian yang relevan.
  7. Nyalakan kembali komputer atau laptop Anda dan uji apakah flash disk telah kembali normal atau masih dilindungi tulis.
Baca Juga  Pengertian Hardware, Fungsi ,Jenis dan Contoh Hardware

Masih gagal Mengatasi Flashdisk Write Protected ? cobalah melalui Registry Editor. Jangan ragu untuk membuka kembali Registry Editor seperti yang dijelaskan di atas.

  1. Setelah mengaktifkan Peninjau Suntingan Registri, cari HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Currentcontrolset \ Control \ kunci dan kemudian string StorageDevicePolicies.
  2. Jika Anda tidak dapat menemukan string, Anda harus membuatnya secara manual. Caranya adalah dengan mengklik HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Currentcontrolset \ Control \ dan kemudian klik kanan di folder Control.
  3. Klik Baru – Kunci dan ubah nama menjadi StorageDevicePolicies.
  4. Sekarang klik kanan di folder StorageDevicePolicies yang baru dibuat dan pilih DWORD (32 bit) untuk komputer atau laptop dengan sistem operasi 32 bit atau DWORD (64 bit) jika komputer atau laptop Anda menggunakan 64 versi sistem operasi.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengubah nama DWORD yang baru saja Anda atur menjadi WriteProtect.
  6. Kemudian klik dua kali (klik dua kali) dan ganti nilai data dengan opsi heksadesimal menjadi 0.
  7. Anda menghapus jendela editor registri dan kemudian memperbarui komputer atau laptop Anda. Sekarang keluarkan flashdisk atau lepaskan dengan aman dan cabut steker dari soket.
  8. Nyalakan ulang komputernya. Ketika komputer dinyalakan kembali, masukkan kembali flash disk dan cobalah untuk memformatnya.

Demikianlah tutorial Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dari Pintarkomputer.id, semoga bermanfaat.