Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Recycle Bin

Posted on

Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Recycle Bin – Terkadang tanpa segaja kita menghapus file di komputer atau laptop, tentu saja hal tersebut membuat kita menjadi panik. Kepanikan ini memburuk ketika data yang dihapus adalah data yang  sangat penting. terlebih lagi saat kita mengetahui bahwa file tersebut tidak lagi ada di recycle bin. Tunggu sebentar, kamu tidak perlu panik! Karena di sini Pintarkomputer.id akan memberikan tutorialnya

Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Recycle Bin

Sebelum mengasumsikan bahwa data telah benar-benar hilang dan tidak dapat dikembalikan lagi, Anda perlu melakukan metode yang dijelaskan di sini. Secara umum, kasus file yang dihapus dapat dipulihkan di komputer.

Ketika data dihapus di komputer atau laptop, data itu tidak benar-benar hilang. Ada beberapa trik khusus ubtuk mengembalikannya. Bahkan di luar ada banyak software  yang dirancang khusus untuk mengelola file komputer yang hilang. Dengan cara ini, hilangnya data penting pada komputer tidak berarti bahwa data tersebut hilang secara permanen atau tidak dapat dipulihkan.

Dalam berbagai kasus mungkin ada kasus data hilang dari komputer. Contoh sederhana adalah bahwa kita secara tidak sengaja menekan tombol Hapus pada keyboard atau bahwa kita memilih file yang salah untuk dihapus.

Sebelum putus asa bahwa data tidak dapat dikembalikan lagi, pertimbangkan empat cara berikut

Baca Juga  Cara Download Scribd Gratis Tanpa Login

1. Periksa recycle bin Komputer atau Laptop anda

Apakah Anda sudah tahu lokasi dan fungsi tempat sampah? Tempat sampah dipasang di setiap komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows sebagai standar. Tujuan dari keranjang sampah ini adalah untuk mengumpulkan file-file yang telah kami hapus. Dengan kata lain, tempat sampah ini seperti tempat sampah.

Recycle bin biasanya disimpan secara otomatis di desktop komputer dan kami tidak bisa begitu saja menghilangkan keberadaan recycle bin ini.

Gunakan tempat sampah untuk memeriksa data yang dihapus. Karena cara penghapusan data bekerja di komputer Anda, file tersebut dipindahkan ke Recycle Bin setelah menghapusnya.

Periksa apakah datanya ada di tempat sampah. Jika ditemukan, klik kanan data yang ingin Anda simpan, lalu klik Pilih Pulihkan. Dengan cara ini, data dipindahkan secara otomatis ke lokasi aslinya dan Anda dapat menggunakannya kembali.

2. Gunakan fitur Windows Restore Previous Versions

Lakukan langkah ini jika tidak benar-benar ditemukan di tempat sampah setelah memeriksa file. Pepatah mengatakan ada banyak cara untuk sampai ke Roma, jadi jangan panik.

Coba buka folder tempat data awalnya berada. Klik kanan pada folder dan pilih Pulihkan versi sebelumnya. Dengan langkah ini, kami dapat memulihkan data yang dihapus. Windows mengembalikan data mundur ke tanggal data itu dihapus.

3. Periksa file dalam file cadangan Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Recycle Bin

Coba lagi untuk mengingat jika sebelumnya Anda mencadangkan data Anda ke media cadangan eksternal seperti hard drive, flash drive, CD / DVD, dll. Jika Anda pernah melakukan ini, periksa semua media eksternal karena data yang dihapus pada komputer atau laptop dapat dimasukkan dalam data eksternal.

Baca Juga  Cara download video Facebook di PC dengan Mudah

Sebaliknya, jika itu tidak ditemukan atau jika Anda belum pernah membuat cadangan data Anda, itu dapat digunakan sebagai pelajaran di masa depan sehingga Anda dapat dengan hati-hati membuat cadangan file komputer Anda.

4. Gunakan perangkat lunak khusus dengan fungsi pemulihan file

Jika semua langkah sebelumnya tidak membuahkan hasil , selesaikan langkah terakhir menggunakan perangkat lunak. Seperti disebutkan di atas, saat ini ada banyak program perangkat lunak yang memiliki fungsi memulihkan data yang dihapus. Banyak sekali perangkat lunak yang bisa kita nikmati secara gratis. Ada juga perangkat lunak portabel, yang berarti bahwa kami menggunakan perangkat lunak tanpa terlebih dahulu menginstalnya di komputer atau laptop.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak Recuva untuk memulihkan data yang hilang. Kita dapat menikmati perangkat lunak ini dalam versi portabel. Kita dapat dengan bebas menggunakan perangkat lunak ini, yang kita simpan di flash disk, tanpa harus menginstalnya. Perangkat lunak Recuva diyakini sangat efektif dalam memulihkan data yang dihapus dengan mencari file di seluruh hard drive.

Jadi, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak Undelete 360. Kami dapat menggunakan perangkat lunak Undelete 360 ​​secara gratis dan menggunakannya dengan mudah. Solusi Lain MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery dan perangkat lunak PC Inspector File Recovery. dapat digunakan.

Oke, sampai sini dulu artikel tentang Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Recycle Bin komputer atau laptop dalam empat cara yang disebutkan di atas. Saya harap artikel ini memiliki kelebihan dan dapat menyimpan file yang dihapus. Jika semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, Anda sekarang harus membuat cadangan file Anda dengan tekun.