MENYAMBUNGKAN HP KE TV

MENYAMBUNGKAN HP KE TV DENGAN MUDAH

Posted on

Menyambungkan HP ke TV

Teknologi yang semakin canggih sekarang ini, membuat beberapa Fitur pun semakin canggih. Terkhuhus bagi anda yang mempunyai Hp Android. Dalam Hp Andoriod ada banyak hal yang bisa dipakai namun kita sering terkendala dengan cara pakainya.

Salah satu Fitur yang bisa digunakan pada Android yaitu bisa disambungkan dengan Televisi atau lebih tepatnya menyambungkan ke TV merek LG dan merek lainnya. Menyambungkan HP ke TV mempunyai manfaat tersendiri. Namun kebanyakan orang menggunakannya sebagai tempat untuk bermain game, menonoton film atau ingin melakukan browsing menggunakan layar besar.

 Sebelum anda menggunakannya, terlebih dahulu anda harus mengetahui cara menyambungkan HP ke TV tersebut.Menyambungkan HP ke TV Mempunyai cara tersendiri, ada yang menggunakan kabel dan adapula cara tanpa menggunakan kabel. Nah, dalam artikel ini akan diulas kedua cara tersebut secara rinci. Berikut ulasannya :

Cara menyambungkan HP ke TV dengan kabel

Menyambungkan smartphone ke televisi tentu mempunyai cara tersendiri yang perlu anda ketahui. Terlebih dahulu anda harus menyiapkan kabel namun bukan sembarang kabel. Untuk mecocokkannya anda harus mengetahui jenis kabel yang ujungnya sesuai dengan port di Hp android anda. ada beberapa jenis kabel yang bisa anda gunakan seperti kabel micro HDMI ke HDMI, kabel MHL yang memiliki dua koletor micro USB dan HDMI.  Jika anda telah menemukan kabel yang cocok untuk disambungkan simaklah langkah-langkah berikut :

  1. Silahkan matikan TV anda terlebih dahulu dengan cara menekan tombol on/of.
  2. Kemudian hubungkan TV ke Hp android anda dengan cara memasukkan ujung pipih kabel ke HP dan untuk kabel dengan ukuran besar silahkan masukkan ke socket TV bertuliskan HDMI.
  3. Dilanjutkan dengan mengaktifkan kembali TV anda kemudian pindahkan saluran ke opsi HDMI.
  4. Kemudian pada HP anda silahkan beri centang pada opsi yang bertuliskan HDMI Connection. Dalam tahap ini pastikan hp anda tidak dalam keadaan mode lock untuk memudahkan dalam mengaturnya.
  5. Nah, anda akan dapat melihat tampilan layar di HP android anda pada TV dengan model orientasi landscape agar sesuai dengan bidang layar TV dan anda akan lebih nyaman untuk menontonnya.
Baca Juga  Minecraft Mod Apk Versi Lama

Cara menyambungkan HP ke TV tanpa kabel

Untuk menyambungkan HP ke TV tanpa kabel, anda dapat menggunakan fitur Miracast atau Wireless display yang berada pada smartphone yang anda miliki. Namun sebelum memulai cara tersebut, anda perlu memeriksa ketersediaan fitur miracast pada smartphone dan TV anda.

Menyambungkan smartphone ke TV, tentunya memiliki cara yang berbeda-beda. Nah berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyambungkannya sesuai dengan TV yang anda miliki.

  1. Berdasarkan merek TV

LG Smart TV

  • Silahkan tekan home pada remot kontrol.
  • Kemudian pilih
  • Silahkan klik miracast dan aktifkan atau on kan.
  • Selanjutnya TV akan melakukan scan, silahkan aktifkan miracast pada Hp.

Samsung Smart TV

  • Silahkan tekan tombol input pada remot kontrol.
  • Kemudian pilih screen mirroring.
  • Saat itu TV anda akan melakukan scan perangkat lain untuk koneksi dengan waktu 2 menit.
  • Silahkan aktifkan miracast pada HP sebelum waktu 2 menit habis.

 

  1. Berdasarkan merek HP

HP samsung

  • Silahkan buka settings<wireless dan network<more settings<allshare cast
  • Pada bagian connect and share silahkan klik mirroring
  • Kemudian nama TV anda akan muncul dalam list. Silahkan klik untuk koneksi.
  • Layar HP anda akan muncul jika telah berhasil

HP LG Optimus

  • Silahhkan buka settings pada bagian wireless dan network dan klik more
  • Kemudian klik miracast dan tunggu.
  • Sesaat akan muncul nama TV anda, silahkan klik.

 

 

Leave a Reply