pengertian internet

Pengertian internet dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian internet dan Manfaatya – Di zaman modern seperti sekarang ini, peran Internet tidak pernah terlepas dari aktivitas manusia yang berbeda, baik itu mempelajari, bekerja, atau mencari informasi. Untuk memperkaya pengetahuan Anda tentang internet, saya berbagi pengetahuan dengan Anda, yaitu pemahaman dan keuntungan dari internet.

Pengertian Internet

Pengertian Internet adalah singkatan dari Interconnected Network, kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan. Disebut interkoneksi karena Internet menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia ke jaringan komputer yang sangat besar. Semua jaringan yang terhubung ke internet memiliki akses gratis ke semua informasi di internet.

Internet adalah dunia tanpa batas. Ini berarti bahwa setiap orang di internet memiliki hak yang sama. Oleh karena itu, internet adalah dunia yang dapat diakses secara gratis tanpa terikat oleh peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas wilayah negara-negara tertentu.

Internet adalah salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Anda dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di bagian lain dunia melalui Internet. Internet telah memungkinkan dua orang dari berbagai belahan dunia untuk berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak dan hukum atau birokrasi suatu negara.

Manfaat internet

Mobilitas tinggi dari penggunaan Internet membutuhkan jaringan yang fleksibel, sehingga seseorang yang bepergian bahkan dalam mobil yang bergerak masih dapat mengakses Internet, sehingga perkembangan jaringan nirkabel (nirkabel). Inilah manfaat dari internet pada umumnya.

Baca Juga  CARA DOWNLOAD VIDEO DI YOUTUBE

1. Cari informasi (browsing) dan riset di internet

Hosting dilakukan oleh seseorang untuk mencari berita, referensi atau ceramah. dengan browsing, pengguna bisa mendapatkan banyak informasi. Bahkan, pengguna internet sering mengunggah hasil riset, penulisan, dan karya terbarunya ke Internet sehingga pengguna lain dapat mengaksesnya. pengertian internet

2. Kirim surat (email)

E-mail adalah kegiatan mengirim surat melalui media internet. E-mail (surat elektronik) banyak digunakan saat ini dan sangat populer. Di mana pengirim dapat mengirim surat secara langsung dan penerima surat yang terpisah jauh juga dapat menerima surat itu, asalkan keduanya online.

3. Belanja online (e-commerce)

E-commerce (perdagangan elektronik) adalah perdagangan yang dilakukan melalui jaringan telekomunikasi, terutama Internet. Orang atau organisasi pada jarak yang jauh dapat berkomunikasi dengan murah satu sama lain melalui internet. Ada banyak bentuk perdagangan elektronik yang banyak dipraktikkan saat ini. Misalnya, internet banking, penyediaan dan pengiriman barang, toko online, dll. Di Indonesia, beberapa situs web khusus telah ditawarkan sebagai situs web untuk penjualan barang seperti glodokshop.com, apotikonline.com, tokobagus.com, zalora.com dan lain-lain.

4. Perbankan internet

Perbankan internet atau perbankan elektronik (e-banking), perbankan cyber, perbankan virtual, perbankan rumah dan perbankan online adalah kegiatan perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat lain menggunakan internet. Keuntungan dari internet banking bagi pelanggan, yaitu, pelanggan tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi bank, pelanggan dapat melakukan transaksi bank kapan saja dan di mana saja (asalkan fasilitas internet tersedia). Sementara bank untuk bank dengan internet banking dapat mengurangi biaya operasional. Di Indonesia, bank yang telah menawarkan perbankan online termasuk Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Lippo, BII dan lainnya.

Baca Juga  Cara COD di Shopee dan Syaratnya

5. Pembelajaran jarak jauh (e-learning) pengertian internet

E-learning atau sering juga disebut e-education adalah kegiatan belajar di tempat yang terpisah jauh dengan menggunakan media tertentu, seperti Volp, Skype, dan sebagainya. Di Indonesia dengan program pembelajaran jarak jauh, seperti Universitas Terbuka. Internet adalah alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan dialog satu-ke-satu (komunikasi satu-ke-satu) dan dialog dengan banyak orang (komunikasi satu-ke-banyak). Selain itu, Internet juga menyediakan komunikasi tatap muka melalui teleconference. Menggunakan internet akan membuat proses pembelajaran jarak jauh lebih efektif dan hasil yang dicapai juga akan lebih berpengaruh.

6. Obrolan (obrolan)

Mengobrol adalah aktivitas atau pola bicara di internet. Jika ponsel menggunakan suara untuk berkomunikasi saat mengobrol di Internet menggunakan media penulisan. Seperti fasilitas lainnya, internet menawarkan kenyamanan, kecepatan, dan biaya rendah.

sekian artikel tentang pengertian internet dan manfaatnya

baca juga :