jaringan komputer

Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari 2 komputer, bahkan dapat dihubungkan melalui media komunikasi atau media transmisi. Keduanya atau semuanya dapat berbagi aplikasi, data, dan perangkat keras komputer. Istilah “jaringan komputer” juga dapat diartikan sebagai kumpulan terminal komunikasi yang berbeda.

Pengertian  jaringan komputer

Baik dari 2 komputer atau bahkan lebih terhubung. Tujuan menciptakan jaringan komputer adalah agar data informasi yang dibawanya sebagai pengirim dapat menjangkau penerima secara akurat dan akurat tanpa kesalahan. Jaringan komputer ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah dan praktis dengan orang lain di kemudian hari.

Selain itu, peran jaringan komputer diperlukan setelah dapat mengintegrasikan data antara komputer klien. Dengan begitu kita mendapatkan data yang relevan. Untuk membuat jaringan komputer ini, router dan swit menggunakan protokol dan algoritma yang berbeda. Jadi keduanya dapat bertukar informasi dan membawa data yang diinginkan ke titik akhir.

Setiap titik akhir itu sendiri kadang-kadang disebut sebagai tuan rumah. Bagian ini biasanya memiliki ID unik dan biasanya alamat untuk kontrol akses media atau alamat IP. Alamat ini nantinya dapat digunakan sebagai petunjuk sumber atau sebagai tujuan pengiriman. Sementara bagian endpoint nanti mungkin berisi server, telepon, PC dan beberapa perangkat keras jaringan.

Fungsi jaringan komputer Pengertian  jaringan komputer

Pengertian jaringan komputer adalah peran yang sangat penting bagi individu dan institusi perusahaan. Karena fungsi itu sendiri memang efektif dalam melindungi data penting. Dengan cara ini, risiko kehilangan data dapat diminimalkan. Selain itu, jaringan ini juga dapat memastikan bahwa semua data penting tidak hilang ketika didistribusikan ke perangkat lain. Kemudian untuk informasi lebih lengkap di bawah ini!

  1. Jaringan komputer dapat berfungsi untuk meningkatkan transfer data. Proses transfer data biasanya lebih cepat daripada saat menggunakan media lain. Kegiatan pertukaran data dengan jaringan komputer tentu akan memudahkan pengguna mendapatkan informasi tanpa macet. Tidak mengherankan, selain mengamankan data, jaringan komputer sering digunakan untuk proses transfer data.
  2. Semua informasi dapat dikelola dengan jaringan komputer. Jadi itu juga bisa digunakan untuk melindungi data agar tidak hilang. Ternyata jaringan komputer juga dapat berguna untuk menjaga data penting saat ini dan valid setiap saat. Pengertian  jaringan komputer Melindungi informasi yang dilakukan dapat berupa pembatasan akses saat data sedang diproses.
  3. Tentu saja Anda dapat menghemat lebih banyak uang dengan jaringan komputer ini. Karena kegiatan sehari-hari lebih efektif dengan jaringan komputer. Misalnya, ketika Anda berbicara tentang dunia kerja. Di mana perusahaan sekarang tidak harus menawarkan printer untuk setiap komputer. Jaringan komputer memungkinkan satu printer digunakan pada banyak komputer secara bersamaan.
Baca Juga  Jaringan Komputer , Pengertian , Manfaat dan Jenisnya

Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya Pengertian  jaringan komputer

Sebenarnya ada jaringan komputer yang dapat digunakan untuk server dan klien. Namun, ada juga jaringan yang dilengkapi dengan komputer khusus yang hanya dapat ditetapkan sebagai server, sementara pelanggan lain menjadi. Namun, ada juga orang yang tidak memiliki komputer khusus untuk server. Pengertian  jaringan komputer. Dari sini, dilihat dari fungsinya, jaringan komputer dibagi menjadi 2.

  1. Server klien, ini adalah jaringan komputer yang memang berkomitmen untuk menjadi server. Untuk server klien, ini juga dapat digunakan sebagai layanan untuk 1 komputer dan juga untuk lebih banyak. Misalnya untuk 1 domain yang digunakan oleh banyak komputer. Namun, itu juga dapat digunakan untuk banyak layanan hanya pada satu komputer.
  2. Peer to peer, jenis jaringan komputer ini adalah ketika setiap host dapat menjadi klien dan server pada saat yang sama. Misalnya, saat berbagi file antar komputer di jaringan Windows, ada 5 PC bernama A, B, C, D, E. Setiap komputer memiliki hak akses ke file tersebut.
    Setelah A memiliki akses ke file berbagi B dan memberikan akses ke C, ketika A memiliki akses ke file B, A dapat menjadi klien. Sementara itu, ketika A memberikan akses ke C, PC A dapat menjadi server. Kedua fungsi yang dimiliki oleh A dapat dilakukan secara bersamaan. Itulah mengapa ia juga disebut jaringan peer-to-peer.

Demikian artikel tentang pengertian jaringan komputer, jangan lupa juga