Pengertian jaringan LAN

Pengertian Jaringan Lan Serta Kelebihannya

Posted on

Pengertian Jaringan LAN РJaringan Komputer  adalah sekelompok perangkat komputer yang terhubung satu sama lain sehingga mereka dapat bertukar data atau berkomunikasi. Ada berbagai jenis jaringan komputer, dan LAN adalah jenis jaringan komputer yang dinilai berdasarkan rentang geografis.

Jenis lain dari jaringan komputer yang dinilai oleh jangkauan geografisnya adalah MAN dan WAN. Artikel sebelumnya adalah tentang jaringan MAN. Dan pada kesempatan ini akan dibahas tentang pengertian jaringan LAN serta kelebihan dan kekurangannya, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian jaringan LAN

LAN adalah singkatan dari Local Area Network, jaringan komputer skala kecil (lokal) seperti gedung kantor, sekolah atau rumah.

LAN umumnya digunakan untuk berbagi sumber daya di gedung. LAN dapat berdiri sendiri tanpa dihubungkan oleh jaringan eksternal atau Internet. Namun, jika LAN terhubung ke beberapa LAN lain, jaringan yang disebut Metropolitan Area Network (MAN) terbentuk. pengertian jaringan lan

Untuk membangun LAN, Anda dapat menggunakan metode kabel (nirkabel), nirkabel (nirkabel) atau keduanya. LAN kabel dibangun dengan Ethernet, dan LAN nirkabel dibangun dengan sinyal Wi-Fi. Sebagian besar LAN yang digunakan di rumah menggunakan router untuk membuat jaringan sambil mengelola perangkat yang terhubung.

Router bertindak sebagai pusat koneksi dan memungkinkan untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, ponsel dan tablet. Biasanya, router terhubung dengan kabel atau modem untuk menyediakan akses Internet ke perangkat yang terhubung.

Peralatan komputer juga dapat digunakan sebagai pusat LAN. Dalam hal ini, komputer bertindak sebagai server dan menyediakan akses ke berbagi file atau program pada perangkat yang terhubung. Ini sering diterapkan pada jaringan kantor atau institusi.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi No Internet Access 100% Work

Kelebihan jaringan LAN

Berikut kelebihan jaringan LAN:

1. Berbagi sumber daya

Pengertian jaringan LAN

Menggunakan jaringan LAN, Anda dapat dengan mudah berbagi sumber daya dengan komputer lain. Ini tentu sangat efisien, selain berbagi sumber daya Anda juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Karena Anda tidak lagi harus membeli perangkat seperti pemindai, printer, atau media penyimpanan untuk setiap komputer, Anda cukup membeli satu dan kemudian membagikannya untuk digunakan di komputer lain. pengertian jaringan lan

Selain berbagi perangkat, Anda juga dapat berbagi aplikasi perangkat lunak dengan perangkat lain, ini sangat efektif untuk memfasilitasi produktivitas waktu. Namun, berbagi aplikasi perangkat lunak tidak selalu lebih murah daripada menginstal perangkat lunak satu per satu di komputer. Karena lisensi produk untuk perangkat lunak apa pun masih diperlukan selama instalasi.

2. Data terpusat

Dengan menggunakan file server, data pada semua komputer yang terhubung ke jaringan LAN disimpan di satu tempat, yaitu server. Ini memberikan pengguna akses mudah ke file yang dimiliki oleh komputer lain. Selain itu, juga membantu mencadangkan data pengguna jika, misalnya, terjadi kesalahan, menghapus data di komputer pengguna.

Jika data dibagikan di jaringan, pengguna yang memiliki akses dapat melihat data pada saat yang sama, tetapi mereka tidak dapat mengedit catatan yang sama pada saat yang sama.

Ketika rekaman telah diedit oleh pengguna, rekaman itu dikunci sehingga pengguna lain tidak dapat mengeditnya pada saat bersamaan. Setelah pengguna selesai mengedit dan menyimpan hasilnya, rekaman dibuka kembali. Ini dimaksudkan untuk mencegah kesalahan yang dapat terjadi ketika beberapa orang mencoba mengedit secara bersamaan.

Kekurangan jaringan LAN

Kekurangan yang dimiliki oleh jaringan LAN, yaitu:

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

1.Keamanan rentan

Keamanan sangat penting pada jaringan komputer, serta pada jaringan LAN. Administrator jaringan memainkan peran penting dalam mencegah pengguna yang tidak sah mengakses data di jaringan. pengertian jaringan lan

Faktor lain yang mempengaruhi keamanan jaringan LAN adalah pengguna itu sendiri. Karena tidak mengesampingkan bahwa pengguna Anda tidak dapat merahasiakan kata sandinya, atau mungkin kata sandinya terlalu mudah ditebak, memungkinkan pengguna yang tidak sah untuk memasuki jaringan melalui pengguna itu.

2. Masalah dengan server pusat

Masalah pada server pusat dapat mematikan dalam jaringan LAN, itu dapat mempengaruhi seluruh jaringan komputer untuk memastikan bahwa komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

Infeksi virus adalah contoh masalah yang dapat terjadi pada server pusat. Infeksi virus ini dapat terjadi pada satu komputer dan kemudian menyebar melalui server pusat di komputer, karena semua data pengguna terpusat pada server.

3.Instalasi mahal

Instalasi jaringan LAN bisa mahal tergantung pada bagaimana kebutuhan dan kondisi di lapangan, jenis topologi yang akan Anda gunakan juga akan mempengaruhi biaya yang Anda keluarkan. Untuk jaringan LAN kabel, Anda harus terlebih dahulu membuat jalur kabel dengan membuat lubang di dinding atau menempatkannya di bawah lantai, dan kemudian memasang kabel.

Untuk jaringan LAN nirkabel, Anda tidak perlu menggunakan kabel, tetapi area jangkauan nirkabel terbatas, jadi kami membutuhkan perangkat untuk memperkuat sinyal, yang tentunya akan meningkatkan biaya pengeluaran.

Ini adalah beberapa pernyataan tentang pengertian jaringan LAN dan kelebihan dan kekurangannya. terima kasih sudah mengunjungi Pintarkomputer.id, Jangan Lupa Baca juga :

Baca Juga  Jaringan Komputer , Pengertian , Manfaat dan Jenisnya