pengertian man

Pengertian Jaringan MAN Dan Kelebihannya

Posted on

Pengertian MAN atau Metropolitan Area Network (MAN) ada di kampus atau di area yang cukup besar (bisa juga kota). Metropolitan Area Networks (MAN) biasanya tidak hanya milik satu organisasi. Seperti jaringan area lokal (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) memiliki jaringan nirkabel dengan kelebihan dan kekurangan yang relatif sama. Metropolitan Area Network (MAN) juga mendukung data teks dan suara dan bahkan dapat dihubungkan ke jaringan televisi kabel atau gelombang radio.

Pengertian Jaringan MAN

Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas dari Local Area Network (LAN). Area yang digunakan dalam jaringan MAN ada di satu negara. Dalam hal ini, jaringan komputer menghubungkan berbagai jaringan jaringan area lokal (LAN) ke lingkungan yang lebih besar. Beberapa jaringan area lokal (LAN) dalam suatu jaringan juga dapat disebut sebagai jaringan area metropolitan (MAN).

Metropolitan Network (MAN) adalah jaringan yang biasanya mencakup kota besar atau kampus. MAN biasanya menghubungkan sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, mis. B. koneksi serat, dan menyediakan layanan uplink untuk jaringan area luas (atau WAN) dan . Kisaran MAN ini adalah antara 10 dan 50 km. MAN ini adalah jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor di kota antara pabrik / lembaga dan kantor pusat.

Pengertian Jaringan MAN adalah perkotaan dengan transmisi data super cepat yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, kantor, otoritas, dll. Jaringan MAN adalah kombinasi dari beberapa LAN. Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya adalah versi LAN yang lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN adalah opsi untuk mengatur antara kantor di kota.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

MAN biasanya mendukung data dan suara dan bahkan dapat dihubungkan ke jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak ada elemen switching yang dengannya paket dapat dikelola melalui outlet kabel yang berbeda. Kehadiran elemen switching menyederhanakan desain.

Pengertian Jaringan MAN Menurut Beberapa Sumber

standar IEEE 802-2002 menggambarkan Pengertian Jaringan MAN sebagai berikut:

“MAN dioptimalkan untuk area geografis LAN yang lebih luas, berdasarkan blok bangunan yang berbeda untuk seluruh kota. MAN juga dapat mengandalkan saluran komunikasi data kecepatan tinggi hingga sedang. MAN dapat dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi, tetapi biasanya digunakan Banyak individu dan organisasi juga dapat memiliki dan mengoperasikan MAN sebagai fasilitas publik. Mereka sering menyediakan fasilitas untuk jaringan lokal melalui Internet. “

Penulis Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon (2001) Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Bisnis Digital Edisi ke-10 Mendefinisikan Jaringan Metropolitan sebagai:

“Pengertian Jaringan MAN adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus. Cakupan geografis antara WAN dan LAN. MAN menawarkan konektivitas Internet untuk LAN di area metropolitan dan menghubungkannya ke jaringan area luas seperti Internet.”

Kelebihan  dan Kekurangan Jaringan MAN

Kelebihan Metropolitan Area Network (MAN)

  • Pertukaran data dan informasi bisa lebih cepat dan lebih akurat.
  • Pengembangan di bidang pengetahuan ilmiah untuk perguruan tinggi atau sekolah.
  • Komunikasi antara universitas, sekolah, atau karyawan di kantor dapat dilakukan melalui email atau obrolan.
  • Proses pencadangan data dari lokasi yang berbeda lebih mudah dan lebih cepat.
  • Dapat membuat alat diskusi kampus atau sekolah.
  • Dapat digunakan sebagai alat untuk menyatukan solidaritas pekerja atau siswa.
  • Dapat digunakan sebagai media iklan yang nyaman dan cepat.
  • Dapat menggunakan program aplikasi atau game bersama.
  • Cakupan area jaringan lebih besar dari jangkauan jaringan LAN
Baca Juga  Cara Mengetahui IP Address Komputer Lain

Kekurangan Metropolitan Area Network (MAN)

  • Biaya operasi yang relatif tinggi
  • Biaya perawatannya cukup mahal
  • Sasaran Cracker untuk keuntungan pribadi
  • Butuh beberapa waktu untuk memulihkan jaringan MANBiaya operasi tinggi.
  • Memasang infrastruktur tidak mudah.
  • Rumit dengan masalah jaringan (troubleshooting jaringan).
  • Butuh beberapa waktu untuk memulihkan jaringan MAN.
  • Dapat menjadi tujuan operasi kerupuk untuk mendapatkan keuntungan pribadi

Demikian pembahasan tentang Pengertian Jaringan MAN, terima kasih sudah mengunjungi Pintarkomputer.id , baca juga