pengertian keyboard

Pengertian Keyboard Komputer dan fungsinya

Posted on

Pengertian keyboard

Pengertian Keyboard adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan informasi ke komputer dan untuk menjalankan berbagai instruksi atau perintah ke komputer. Penciptaan keyboard komputer terinspirasi oleh penciptaan mesin tik yang desain dasarnya diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan dipasarkan secara luas oleh Perusahaan Remington pada tahun 1877.

Keyboard komputer pertama telah diadaptasi dari kartu berlubang dan teknologi penulisan teletype. Pada tahun 1946, komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu berlubang sebagai perangkat input dan output.

Dalam penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka ke pengolah kata, pengolah kata, atau program lain. Sementara pada komputer modern, interpretasi tombol yang ditekan umumnya diatur dalam perangkat lunak. Keyboard juga digunakan untuk permainan komputer, dengan keyboard biasa atau dengan keyboard dengan fitur permainan khusus.Pengertian Keyboard

Tata letak keyboard yang umum digunakan saat ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu pengaturan paling tidak efisien yang dimaksudkan, sehingga kita dapat mengetik lebih lambat. Ini berkaitan dengan sejarah mesin tik yang sebelumnya ditemukan oleh Christopher Latham Sholes (1868). Ketika kami sebelumnya membuat mesin tik prototipe, kami benar-benar dapat mengetik lebih cepat.

Kemampuan mengetik terlalu cepat, sampai-sampai masalah sering muncul pada saat itu. Seringkali ketika tombol ditekan, huruf (siput) pada kaset mengalami kegagalan mekanis, yang lebih sering disebabkan oleh tongkat yang macet.

Bingung memikirkan solusi saat itu, Christopher Latham Sholes benar-benar mengacaukan urutan sedemikian rupa sehingga menemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan saat mengetik. Pengertian Keyboard Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan mekanis yang sering terjadi sebelumnya.

Baca Juga  Media Penyimpanan Data dan Jenisnya

Fungsi keyboard

Berikut beberapa fungsi keyboard, termasuk:

  • Fungsi keyboard didasarkan pada tombol pengetikan yang dapat digunakan untuk mengetik atau memasukkan data dalam dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitor komputer. Kuncinya adalah dalam bentuk kunci dengan huruf atau angka pada keyboard.
  • Fungsi keyboard didasarkan pada tombol kontrol, salah satunya dapat menghasilkan perintah tertentu dalam kombinasi dengan tombol lainnya. Misalnya, jika tombol navigasi (Ctrl) ditekan bersamaan dengan tombol B, ini adalah perintah untuk mencetak huruf atau angka.
  • Fungsi keyboard didasarkan pada tombol fungsi, yang biasanya disesuaikan dengan aplikasi atau perangkat lunak yang sedang berjalan, misalnya ketika tombol F1 ditekan, menu bantuan (Bantuan) ditampilkan sesuai dengan perangkat lunak yang sedang berjalan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1 hingga F12 yang disusun secara berurutan.Pengertian Keyboard
  • Fungsi keyboard didasarkan pada tombol alternatif, mirip dengan tombol Enter, yang menyebabkan paragraf baru dihidupkan ulang saat mengetik atau untuk memilih perintah tertentu yang ditampilkan dalam aplikasi yang berjalan di komputer. Tombol Esc berguna untuk membuat dialog tertentu. Tombol Tab digunakan untuk memindahkan teks.
  • Fungsi keyboard didasarkan pada tombol navigasi seperti tombol Page Down yang menggulung layar ke bawah. Tombol Page Up untuk menggulir layar ke atas. Tombol End memungkinkan Anda untuk memindahkan lokasi kursor ke akhir baris. Tombol kiri berfungsi untuk bergerak ke kiri dengan melangkah 1 karakter. Tombol Tombol kanan memungkinkan Anda untuk memindahkan kursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan seterusnya.

Cara kerja keyboard

Keyboard seperti thumbnail komputer. keyboard memiliki prosesor dan sirkuitnya sendiri yang mentransfer informasi ke dan dari prosesor. Bagian utama dari rangkaian keyboard adalah “matriks kunci”.

Baca Juga  Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui

“Key matrix” adalah serangkaian kisi di bawah tombol keyboard. Di dalam keyboard, setiap seri terputus (seperti saklar) pada titik di bawah setiap tombol. Ketika kita menekan tombol, tombol menekan sakelar, menghubungkan sirkuit dan mengalirkan arus listrik melaluinya. Jika kita melewatkan satu tombol, prosesor mengenalinya sama seperti menekan tombol berulang kali.Pengertian Keyboard

Ketika prosesor menemukan sirkuit tertutup (terhubung dengan penekanan tombol), prosesor membandingkan lokasi sirkuit tertutup dengan peta karakter yang disimpan pada keyboard ROM (memori hanya baca). Peta karakter pada dasarnya adalah tabel daftar karakter, yang mencantumkan posisi masing-masing tombol atau kombinasi tombol dan karakter yang diwakilinya. Misalnya, peta karakter memberi tahu prosesor bahwa hanya dengan menekan tombol “a” menghasilkan huruf kecil “a”

Demikianlah Pembasahan mengenai Pengertian Keyboard.

Baca juga

10 Macam Perangkat Output Dan Fungsinya