pengertian Komputer

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Posted on

Apa itu komputer?

Secara umum, definisi dari pengertian komputer adalah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dibuat terlebih dahulu untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengguna.

Memahami komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari serangkaian komponen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu sistem yang bekerja. Dalam sistem komputer mungkin telah dikendalikan kerja secara otomatis oleh program untuk menghasilkan informasi dari data dan program yang ada.

Secara umum, komputer terdiri dari tiga unsur utama, termasuk:

  • Peralatan (hardware) yang terdiri dari CPU, RAM, hard disk drive motherboard dan CPU
  • Software (perangkat lunak) adalah sistem operasi dan berbagai aplikasi yang diintegrasikan ke dalam materi dan bekerja sesuai dengan petunjuk pengguna.
  • Pengguna komputer (Brainware) bahwa pengguna atau komputer operator.

Secara etimologis, kata “komputer” berasal dari bahasa Latin, “computare” yang berarti menghitung. Jadi pengertian komputer adalah alat perhitungan aritmatika.

PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

Memahami pengertian komputer menurut Ahli
Untuk memahami apa komputer, kita dapat merujuk pada pemberitahuan dari ahli berikut:

  1. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, ia mampu melakukan banyak tugas seperti perangkat elektronik yang menerima input, memproses, perintah penyimpanan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. K.V. dan al Hamacher

    Menurut K.V. Hamacher et al, yang berarti bahwa pengertian komputer adalah mesin elektronik perhitungan ini dengan cepat dapat menerima informasi input digital, dan kemudian memperlakukan mereka sesuai dengan program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa informasi.
  3. Donald H. Sanders

    Menurut Donald H. Sanderes, Pengertian komputer adalah sistem elektronik untuk menangani data dengan benar dan cepat dan dirancang dan diselenggarakan untuk menerima penyimpanan otomatis dari input data, pengolahan dan produksi produk di bawah kendali instruksi program langkah (sistem operasi) disimpan dalam penyimpannya (Program direkam).
  4. William M. Fuori

    Menurut William M. Fuori, komputer adalah perangkat pengolahan data yang dapat melakukan perhitungan cepat, termasuk operasi aritmatika dan campur tangan manusia.
  5. C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky

    C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky pengertian komputer kalkulator elektronik yang cepat dapat menerima informasi tentang input digital, pengolahan sesuai dengan program yang tersimpan di memori (stored program) dan menghasilkan output berupa informasi..
  6. American Standard Institute

    Menurut Institut standar Amerika, definisi komputer adalah suatu pemroses data (pengolahan data) untuk membuat perhitungan lebih cepat mengoprasikanya termsuk besar operasi logis atau aritmatika tanpa campur tangan manusia selama pengobatan .
  7. Larry panjang, Nancy Panjang

    Menurut Larry panjang, Nancy panjang, komputer adalah program yang mampu menginterpresentasikan masukan kontrol komputer elektronik Run, output, perhitungan dan operasi logis.
  8. Elias M.Awad

    Menurut Elias M.Awad, komputer adalah komputer yang proses data dalam bentuk data digital dan data analog.
  9. Williams Sawyer

    Menurut Williams, Sawyer, komputer adalah serbaguna mesin diprogram yang menerima data (fakta dan angka kotor), dan untuk mengobati atau memanipulasi informasi yang bisa kita gunakan.
  10. Wimatra et al (2008)

    Menurut Wimatra et al, komputer adalah sistem dari perangkat elektronik yang memiliki tujuan membuat pengolahan data, yang dapat memberikan informasi yang berguna.
  11. Arif Susanto (2009)

    Menurut Arif Susanto komputer adalah sekelompok perangkat elektronik ke input kontrol, alat yang memproses perangkat input dan output yang menyediakan informasi dan bekerja secara otomatis.
  12. Robert H. Blissmer

    Menurut Robert H. Blissmer, TI adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan banyak tugas seperti menerima input, proses input tadi sesuai dengan program, mematuhi perintah-perintah dan hasil pengobatan, dan menyediakan output informasi.
    Baca Juga  Kode Bank BJB Untuk Transfer di ATM

One thought on “Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

  1. Pingback: Fungsi Komputer yang Wajib Diketahui - Pintar Komputer

Leave a Reply