pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya

Posted on

Pengertian RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras di komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.

Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak tergantung pada pengaturan tata letak. Data RAM dapat hilang ketika komputer dimatikan atau daya ke perangkat dihapus.

Kapasitas RAM di komputer memengaruhi kecepatan pemrosesan data atau pemuatan di komputer. Sehingga proses menyimpan data, membuka data dan menjalankan program akan lebih cepat tergantung dari jumlah RAM pada komputer.

Sejarah dan pengembangan RAM

Memori akses acak (Random access memory, RAM) adalah jenis penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses pada waktu tetap terlepas di mana pun data berada dalam memori. Ini adalah kebalikan dari perangkat memori berurutan, seperti pita magnetik, cakram dan drum, di mana gerakan mekanis media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada 1960-an. Namun, memori semikonduktor belum populer karena harganya sangat mahal. Pada saat itu lebih umum menggunakan memori utama magnetik. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan produksi RAM, lebih khusus jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, tidak seperti memori hanya baca (ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan utama (memori utama) di komputer untuk secara aktif menggunakan dan mengubah informasi, meskipun beberapa perangkat menggunakan berbagai jenis RAM untuk jangka waktu yang lama. penyimpanan jangka kedua.

Baca Juga  Pengertian Harddisk Komputer dan Fungsinya

Tetapi ada juga yang mengklaim bahwa ROM adalah jenis RAM yang berbeda, karena sifatnya yang sebenarnya dan akses acak seperti SRAM atau DRAM. Hanya saja menulis pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak sesederhana dan sefleksibel SRAM atau DRAM. Pengertian RAM

Selain itu, beberapa bagian RAM sistem (memori utama) dipetakan ke dalam satu atau dua chip ROM. Tetapi pengembangan RAM sangat cepat, sehingga beberapa ahli komputer juga telah membantu mengelompokkan evolusi ram ini.

Fungsi RAM

Seperti disebutkan dalam pengertian RAM di atas, fungsi umum RAM adalah membaca dan menyimpan data. Penjelasan berikut:

1. Baca data Pengertian RAM

Semua data dan informasi yang tersimpan di hard drive lebih mudah diakses karena peran RAM komputer.

Bandingkan kecepatan memuat membuka file atau program saat pertama kali dibuka dengan ketika file (baca: file konsep) atau program telah dibuka sebelumnya. Ketika suatu program atau file dibuka, data tersebut dibaca dan disimpan dalam RAM sementara untuk dibuka kembali lebih cepat ketika komputer tidak dimatikan.

2. Penyimpanan sementara

RAM juga dapat berfungsi sebagai area penyimpanan data sementara saat program berjalan di komputer. Jadi ketika kita melakukan sesuatu seperti membuat kertas, komputer sementara menyimpan data. Pengertian RAM

Namun, data harus disimpan secara permanen untuk menghindari kerusakan atau kehilangan dari hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, kegagalan daya atau lonjakan tegangan pada arus listrik yang tidak stabil.

Jenis-jenis RAM

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM:

1. Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM adalah jenis RAM yang secara teratur disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit) sehingga data yang terkandung di dalamnya tidak hilang.

Baca Juga  Topologi Jaringan Komputer Pengertian dan Jenisnya

2. SD RAM Pengertian RAM

SDRAM (Syronous Dynamic Random Access Memor) adalah memori RAM tingkat lanjut tetapi disinkronkan dengan jam sistem. SDRAM umumnya lebih cepat dari DRAM.

3. RAM DDR

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR, sejenis RAM dengan teknologi canggih dan RAM SD. RAM DDR juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan sepertinya akan terus berlanjut.

4. RAM RDR

RAM RDR (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang bekerja lebih cepat dan umumnya lebih mahal daripada RAM SD. Jenis RAM SD ini digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. S RAM Pengertian RAM

S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus menyegarkan / menyegarkan CPU. Jenis RAM ini bekerja lebih cepat daripada RAM D dan RAM SD.

6. EDO RAM

RAM EDO (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan pengambilan data secara bersamaan.

 

Sekian pembahasan tentang pengertian RAM dan Fungsinya, jangan lupa baca juga