pengertian switch

Pengertian Switch dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Switch

Pengertian Switch adalah perangkat jaringan pada komputer yang menghubungkan perangkat ke jaringan komputer melalui pertukaran paket untuk menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dimaksud.

Berbicara tentang jaringan komputer tentu tidak jauh dari pembahasan perangkat mana yang digunakan di lapangan. Perangkat jaringan komputer lebih sering disebut sebagai perangkat jaringan. Beberapa contoh perangkat jaringan adalah NIC, repeater, modem, jembatan, router, hub, dan sakelar.Pengertian Switch

Banyak orang merasa sulit untuk membedakan perangkat jaringan yang berbeda yang disebutkan di atas, terutama perbedaan antara switch dan hub. Terutama di internet, banyak pemahaman tentang Switch berasal dari sumber yang berbeda dan tampaknya memiliki makna yang sedikit berbeda.

Perbedaan Switch dan Hub

Perbedaan utama dengan hub adalah data yang dikirim atau diteruskan. Switch hanya mengirim data ke perangkat yang benar-benar membutuhkannya, bukan data yang sama untuk semua perangkat di jaringan. Pengertian Switch

Switch juga dianggap sebagai jembatan banyak port yang menggunakan alamat perangkat keras untuk memproses dan mengirimkan data pada lapisan kedua model OSI. Beberapa jenis sakelar juga dapat memproses data pada lapisan ketiga dengan menambahkan fungsi perutean yang biasanya menggunakan alamat IP untuk mengirim paket. Oleh karena itu, ada dua jenis sakelar khas, yaitu sakelar dua lapis dan sakelar tiga lapis.

Sekilas informasi tentang model OSI adalah konsep yang memetakan struktur komunikasi jaringan komputer. Pengaturan dibagi menjadi 7 lapisan, dimulai dengan lapisan fisik pertama, lapisan tautan data kedua, lapisan jaringan ketiga, lapisan transportasi keempat, sesi sesi kelima, lapisan presentasi keenam dan yang terakhir adalah aplikasi. Setiap lapisan memiliki tugasnya sendiri dan meneruskan data ke lapisan berikutnya.

Baca Juga  9 Cara Mengatasi No Internet Access 100% Work

Fungsi switch

Kita telah membahas definisi switch, sekarang saatnya beralih untuk membahas fungsi switch. Fungsi utama dari sebuah saklar adalah untuk menerima informasi dari berbagai sumber yang terhubung dengannya dan kemudian mendistribusikan informasi tersebut kepada mereka yang membutuhkannya.Pengertian Switch.  Namun selain itu, switch juga memiliki fungsi lain yang terkait dengan area komunikasi di lapisan kedua.

Fungsi switch selanjutnya adalah untuk memverifikasi setiap paket yang didapat sebelum diarahkan ke tujuannya. Selain itu, saklar berfungsi untuk mengirim data ke lokasi yang dituju. Switch juga berfungsi untuk mengelola paket data yang akan dikirim. Apakah itu menyangkut amplifikasi atau bahkan batasan jumlah paket.

Fungsi saklar yang hampir sama dengan hub adalah titik fokus koneksi jaringan. Semua data dan informasi yang diterima dipusatkan pada sakelar sebelum didistribusikan melalui jaringan. Sebagai titik sentral, kondisi sakelar akan sangat memengaruhi kondisi jaringan. Jika sakelar yang digunakan berkualitas buruk atau bahkan rusak, ini akan menyebabkan gangguan di seluruh jaringan.

Fungsi switching terakhir adalah sebagai repeater dan splitter. Tujuan repeater adalah untuk memperkuat jaringan. Switch dapat digunakan untuk memperluas area jangkauan jaringan yang dibuat tanpa kabel panjang. Sementara fungsi splitter seperti pemecah jaringan. Ini biasanya terjadi di kantor bertingkat, sehingga setiap lantai dapat memiliki jaringan sendiri, bahkan jika berada di jaringan utama yang sama.

Cara kerja switch dan perbedaannya dengan hub Pengertian Switch

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa orang mungkin agak bingung untuk membedakan antara saklar dan hub, tetapi ketika mereka dieksplorasi lebih lanjut, tampaknya ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Perbedaan yang dibahas sedikit adalah tentang cara kerjanya. Pengertian Switch. Hub hanya berfungsi untuk menerima dan mengirim informasi yang mereka terima. Sementara switch tidak hanya melakukan penerimaan dan pengiriman, tetapi juga memeriksa dan memproses.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Komputer dan Fungsinya

Ini dipengaruhi oleh perbedaan berikut, yaitu lapisan tempat mereka bekerja. Switch memiliki area kerja di lapisan kedua, yang merupakan tautan data, sedangkan hub berada di lapisan pertama atau fisik, sehingga memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel, yaitu untuk mendistribusikan data saja. Pengertian Switch
Saklar tentu lebih andal daripada hub karena memilih perangkat yang terhubung dengannya. Dengan cara ini saklar dapat mengetahui dari mana informasi berasal dan ke mana ia ingin pergi. Sementara hub segera menerima dan mengirim informasi ke semua perangkat yang terhubung.

Terima kasih sudah mau membaca artikel tentang pengertian switch dan fungsinya