pengertian teknologi informasi dan komunikasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Posted on

Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, yang mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses, digunakan sebagai sumber daya, manipulasi informasi dan manajemen. Sementara itu, teknologi komunikasi mencakup semua hal yang terkait dengan menggunakan alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Pengertian  teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah unit yang tidak dapat dipisahkan yang berisi pemahaman luas tentang semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, manajemen, dan transfer / transfer informasi antar media.

Pengertian  teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli

Menurut Eric Deeson, Penerbit Harper Collins, Kamus Teknologi Informasi, Glasgow, Inggris, 1991

“Teknologi informasi (TI), pemrosesan informasi dengan listrik dan elektronik (dan mikroelektronika).” Di sini penanganan termasuk transfer. Memproses, menyimpan, dan mengakses, di mana IT secara khusus menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk tugas-tugas ini untuk kepentingan individu dan masyarakat secara keseluruhan “

Dari penjelasan di atas, dapat diartikan bahwa teknologi informasi adalah kebutuhan manusia untuk mengambil dan mentransfer, memproses dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan dirinya sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.

Menurut Puskur Pendidikan Nasional Indonesia

teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Baca Juga  Mengenal Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Teknologi informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses yang digunakan sebagai bantuan, manipulasi dan pengelolaan informasi.

Teknologi komunikasi adalah tentang menggunakan alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pemahaman luas tentang semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, manajemen dan transfer / transfer informasi antar media

Menurut Susanto (2002),

informasi adalah hasil dari pengolahan data, tetapi tidak semua hasil dari pengolahan tersebut dapat berupa informasi.

Dengan demikian, konsep TIK adalah media atau alat yang digunakan untuk mentransfer data untuk memperoleh data / informasi dan untuk memberikan informasi kepada orang lain, dan dapat digunakan untuk komunikasi satu arah atau dua arah.

Teknologi informasi dan komunikasi adalah payung besar triminologi yang mencakup semua persyaratan teknis untuk memproses dan memasok informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses yang digunakan sebagai sumber daya, manajemen informasi, dan manipulasi informasi. Teknologi komunikasi adalah tentang menggunakan alat untuk memproses dan mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Oleh karena itu teknologi informasi dan komunikasi adalah dua konsep yang terpisah, sehingga teknologi informasi dan teknologi komunikasi memiliki pemahaman yang luas, yaitu semua jenis kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manajemen, manipulasi dan transfer informasi antar media.

Istilah TIK ada setelah kombinasi teknologi komputer (perangkat keras atau perangkat lunak) dan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Kombinasi dari teknologi ini berkembang sangat cepat di luar area teknologi lainnya. Sampai awal abad ke-21, TIK mengalami beberapa perubahan dan tidak melihat titik jenuh.

Baca Juga  Pengertian BIOS dan Fungsinya

Manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah:

  • Informasi yang diperlukan akan lebih cepat dan mudah diakses untuk tujuan pendidikan
  • Konsultasi dengan para ahli, konsultasi dengan para ahli di bidangnya mudah, bahkan jika ahli itu jauh.
  • Perpustakaan online, perpustakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
  • Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
  • Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan inovasi di bidang e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  • Berkat kemajuan dalam TIK, ruang kelas virtual atau kelas berbasis konferensi juga dapat dikembangkan di mana guru dan siswa tidak harus berada di ruangan yang sama.
  • Penerapan sistem TIK membuat sistem administrasi di lembaga pendidikan lebih sederhana dan lebih fleksibel.

Demikian penjabaran tentang Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, semoga bisa berguna bagi kita semua. terima kasih sudah mengunjungi Pintarkomputer.id dan jangan lupa Baca Juga