Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card Beserta Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Pengertian VGA card adalah akselerator video grafis yang berfungsi sebagai sarana pemrosesan data grafik untuk menampilkan tampilan. Selain kartu VGA, ia juga memiliki bagian prosesor yang biasa disebut sebagai GPU atau Grapivs Processing Unit yang membutuhkan sejumlah .

VGA juga dapat dianggap sebagai standar tampilan analog yang pertama kali dipasarkan oleh IBM sekitar tahun 1987. Meskipun standar VGA saat ini tidak lagi digunakan karena telah digantikan oleh standar yang lebih baru, VGA masih digunakan di Pocket pada pc.

Pengertian VGA card

VGA juga merupakan standar grafis terbaru yang sebenarnya sering diikuti oleh sebagian besar produsen yang membuat kartu grafis di komputer. Untuk tetap menampilkan windows dalam mode VGA sejauh ini masih mendapat dukungan dari banyak produsen kartu pemantauan dan grafis.

Dan sebagian besar waktu, istilah VGA juga sering digunakan untuk merujuk pada resolusi layar yang berukuran sekitar 640 x 480. Kartu VGA itu sendiri juga sering digunakan untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Proses desain grafis itu sendiri membutuhkan grafis yang lebih kuat.

Selain itu, VGA itu sendiri dapat merujuk ke konektor VGA 15-pin yang masih dapat digunakan secara lebih luas untuk mengirim sinyal video analog ke monitor. Standar VGA telah secara resmi digantikan oleh standar XGA IBM, yang telah digantikan oleh Super VGA.

Fungsi VGA Card

Fungsi kartu VGA itu sendiri adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar. Sementara kartu VGA itu sendiri berguna untuk menerjemahkan hasil output komputer ke monitor. Dimana dimaksudkan untuk desain grafis atau menggambar dan juga bermain game.

Baca Juga  Pengertian Printer dan fungsi printer

Jenis VGA card Pengertian VGA card

Ada berbagai jenis kartu VGA, termasuk:

Kartu VGA ISA

Kartu VGA ISA  adalah jenis kartu VGA yang sering dicolokkan ke slot ekspansi bus ISA dan masih memiliki I / O 8-bit atau bisa sekitar 16 bit. Pengertian VGA card

EISA VGA Card

EISA VGA Card adalah jenis kartu VGA yang sering dikombinasikan dengan slot ekspansi EISA yang terletak di bus dengan sistem I / O 32-bit.

PCI VGA Card

PCI VGA Card  adalah jenis kartu VGA yang dipasang di slot PCI bus dengan sistem I / O 32 bit atau 64 bit.

Kartu VGA AGP

Kartu VGA AGP Ini adalah jenis kartu VGA yang terhubung ke slot ekstensi bus AGP dengan sistem I / O 128 bit atau 256 bit.

PCI Express VGA Card

PCI Express VGA Card Ini adalah jenis kartu VGA yang digunakan sebagai slot ekspansi bus PCI Express dengan rantai sistem I / O dengan kecepatan transfer yang sesuai dengan cepat hingga 32 GB / s. Pengertian VGA card

Sebenarnya, kartu VGA itu sendiri digunakan oleh Graphic Accelerator, chipset terbaru di mana Anda sudah memiliki opsi untuk menggunakan akselerasi 3D yang terintegrasi ke dalam chip yang dimilikinya.

Selain kartu VGA, sekarang ada periferal pada komputer yang memiliki dukungan perlindungan akselerator 3D yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah atau menerjemahkan data gambar 3D yang jauh lebih sempurna dan juga jauh lebih optimal

Baca juga