kelebihan dan kekuragan wifi

Pengertian Wifi serta Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Posted on

Pengertian WiFi Secara umum adalah suatu teknologi pertukaran data menggunakan gelombang radio (tanpa kabel) dengan menggunakan berbagai perangkat elektronik. Untuk terhubung ke jaringan komputer, termasuk internet, menggunakan WiFi, Anda memerlukan perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, tablet, atau bahkan konsol video game.

Pengertian WiFi

pengertian wifi

Wifi sendiri sebenarnya adalah singkatan dari wireless fidelity. Untuk dapat terhubung ke perangkat elektronik, Wifi pada umumnya menggunakan gelombang frekuensi tinggi pada rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz. Era yang berkembang untuk mengubah Internet dari yang awalnya hanya menjadi kebutuhan tersier sekarang tampaknya telah menjadi sebuah kebutuhan. utama.

Cara Kerja Wifi

WiFi adalah jaringan area lokal (LAN) yang tidak memerlukan kabel dengan koneksi berkecepatan tinggi. WiFi sering juga disebut sebagai WLAN atau Wireless Local Area Network. Sinyal radio adalah kunci yang memungkinkan komunikasi di jaringan WiFi. Teknologi WiFi ini menggunakan dua frekuensi gelombang radio untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Kedua frekuensi gelombang radio tersebut adalah frekuensi 2,4 GHz dan frekuensi 5 GHz.

Router, yang menerima data dari Internet, mengubahnya menjadi sinyal radio, yang kemudian dikirim oleh antena WiFi ke perangkat penerima WiFi seperti smartphone dan laptop yang dilengkapi dengan koneksi WiFi. Komputer atau smartphone yang menerima sinyal WiFi ini akan langsung membacanya dan menerjemahkannya menjadi data yang dapat dipahami perangkat. Jadi ada koneksi antara pengguna dan jaringan. Demikian pula, dengan mengirimkan informasi dari komputer atau ponsel, perangkat menerjemahkan data menjadi sinyal radio dan mengirimkannya menggunakan antena. Router WLAN menerima sinyal ini dan menerjemahkannya. Router kemudian mengirimkan informasi ke Internet menggunakan koneksi Ethernet kabel fisik.

Baca Juga  Cara Mengetahui IP Address Komputer Lain

Jangkauan router WiFi atau hotspot WiFi sekitar 30 meter di dalam ruangan, tetapi bisa lebih luas di luar ruangan. Secara umum, kecepatan koneksi juga sangat bergantung pada kedekatan perangkat penerima ke sumber sinyal radio. Koneksi WiFi meningkat saat perangkat pengguna berada di dekat router atau hotspot. Di sisi lain, koneksi sinyal WiFi akan lebih lambat jika Anda berada di area di luar sumber sinyal.

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

Manfaat WiFi tidak hanya terbatas pada kurangnya WiFi. Wifi dikonfigurasi menggunakan IP dinamis. Jika Anda tidak mengetahui IP server di satu lokasi, laptop Anda tetap dapat mengakses internet melalui server di lokasi tersebut. Keunggulan WiFi bisa digunakan dimana saja, bahkan di pelosok desa. Dengan manfaat WiFi yang dipasang di rumah, Anda dapat mengakses Internet dan berbagi file. Selama kekuatan sinyal nirkabel bagus, Anda dapat menggunakan fungsi Wi-Fi.

Kelebihan wifi

  • wifi dapat mengakses Internet, mentransfer file, dan mencetak dari mana saja dalam jarak 100 meter dari titik akses Wi-Fi.
  • Mengurangi kekacauan kabel pada kabel belakang dan pada desktop / notebook
  • Jaringan kabel dan soket menurun seiring waktu, sedangkan WLAN tidak memiliki kelemahan ini.
  • Ketika Anda memiliki lebih dari satu lokasi dan karyawan Anda bepergian dari satu kantor ke kantor lainnya.
  • Anda dapat dengan mudah mengatur jaringan Wi-Fi di setiap lokasi. Tanpa harus mengkonfigurasi ulang pengaturan Internet setiap kali berpindah kantor seolah-olah menggunakan kabel tradisional

Kekurangan wifi

  • Mengamankan koneksi WiFi sangat penting, jika tidak, siapa pun yang memiliki komputer berkemampuan WiFi dapat mengakses data, password dan koneksi internet Anda.
  • Jaringan Wi-Fi peka terhadap kekuatan sinyal. Untuk memastikan konektivitas yang baik, Anda perlu memastikan bahwa semua komputer dan perangkat Anda mendapatkan kekuatan sinyal yang memadai setiap saat.
  • Sinyal Wi-Fi kemungkinan akan terpengaruh oleh kondisi iklim seperti badai petir.
  • Gabungkan titik akses Wi-Fi untuk meningkatkan jumlah perangkat di jaringan (ini adalah keharusan untuk Wi-Fi). Anda membutuhkan soket untuk plug-in dan catu daya titik wifi.
Baca Juga  Pengertian Jaringan Lan Serta Kelebihannya

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian Wifi Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangan Wifi. Semoga bermanfaat