sejarah internet

Sejarah Internet di Dunia dan di Indonesia

Posted on

Sejarah Internet dimulai sebagai jaringan komputer oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1969. ARPANET dibentuk oleh proyek ARPA. Tujuan sebenarnya adalah untuk membuatnya untuk keperluan militer karena digunakan pada saat itu untuk menyelesaikan masalah serangan nuklir. Selain itu, ini juga digunakan untuk menghindari pesan terpusat. Ini bagus karena jika pesannya terpusat, untungnya itu tidak akan hancur jika terjadi perang.

Sejarah Internet di awal perkembangannya

Pada saat itu, ARPANET hanya memiliki 4 situs yang terhubung, yang disebut Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara dan juga University of Utah. ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972 dan segera proyek itu berkembang sehingga semua universitas di Amerika ingin berpartisipasi. Ini membuat ARPANET sulit untuk ditangani, sehingga ARPANET terbagi dua. Pertama, klien ARPANET baru, digunakan untuk tujuan non-militer. Kedua, MILNET digunakan untuk tujuan militer. Kombinasi dari dua kata ini disebut DARPA Internet, yang kemudian ditingkatkan menjadi Internet.

Sejarah Internet tahun 70 an

Pada tahun 1971 Ray Tomlinson membuat program yang disebut “E-MAIL” untuk ARPANET. Karena kesederhanaannya, email cepat populer. Selain itu, ikon “@” juga diperkenalkan sebagai simbol yang “at” atau “at”.

Untuk meningkatkan teknologi dan standar pada jaringan komputer, sebuah kelompok kerja didirikan pada tahun 1972, Kelompok Kerja Jaringan Internasional (INWG). Pembicara pertama INWG adalah Vint Cerf yang kemudian dikenal sebagai ‘bapak internet’. Vint Cerf kemudian mengundang Bob Kahn untuk menerbitkan spesifikasi terperinci protokol Transmission Control Protocol (TCP) pada tahun 1974 melalui artikel “A Protovol untuk Interkoneksi Jaringan Paket”. Selain itu, Telenet juga didirikan pada 1974 oleh Beranet & Newman (BBN). Talenet adalah layanan paket data publik pertama dan versi komersial ARPANET. Pada tahun 1978, protokol TCP membaginya menjadi dua bagian, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol.

Baca Juga  Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pada 1979, sebuah kelompok diskusi bernama Usenet didirikan oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Selain itu, penggunaan emotikon juga diusulkan tahun ini oleh Kevin McKenzie.

Pada 1980-an, penggunaan komputer pribadi (PC) mulai mewabah. PC mulai menjadi bagian dari kehidupan penelitian. Layanan BITNET (karena saatnya) mulai. Email BITNET, milis, dan layanan Protokol Transfer File disediakan. Selain itu, CSNET (Jaringan Ilmu Komputer) juga dibentuk dengan menyediakan email dan layanan lainnya tanpa akses ke ARPANET.

Istilah “internet” pertama kali digunakan pada tahun 1982. TCP / IP juga digunakan sebagai protokol jaringan universal. Server nama juga sedang dikembangkan sehingga pengguna dapat terhubung ke host tanpa mengetahui jalur yang tepat ke host tersebut. Pada tahun 1986, data produksi data sistem nama domain (DNS) dipasok dengan menyeragamkan sistem tekanan nama pada jaringan komputer.

Sejarah Internet tahun 1990-an

Pada tahun 1990, program editor dan browser sekarang disebut WWW dari World Wide Web. Program yang ditemukan oleh Tim Berners Lee digunakan untuk menjelajahi jaringan komputer yang terhubung. Meningkatnya jumlah jaringan yang terhubung pada tahun 1992 dengan istilah ‘penjelajahan internet’.

Internet berkembang pesat sejauh ini, tidak terkecuali di Indonesia. Ini dimulai pada 1990-an, ketika jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai jaringan komunitas. Para pelaku merasakan suasana kerja sama, kekeluargaan dan kerja sama timbal balik.

Sejarah Internet di Indonesia

Protokol Internet (IP) pertama di Indonesia adalah UI-NETLAB (192.41.206 / 24), yang didaftarkan pada 24 Juni 1988 oleh Universitas Indonesia. Pada tahun 1988, pengguna internet di Indonesia menggunakan CIX untuk mengakses totem Internet. CIX menawarkan layanan email dan newsgroup dan layanan akses HTTP. Pada tahun 1994, IndoNet, ISP komersial pertama di Indonesia. Pada saat itu, tidak banyak celah yang dikenal di sektor Internet dan sangat sedikit pengguna Internet di Indonesia, jadi koneksi pertama ke Internet adalah melalui dial-up IndoNet. Selain itu, pada tahun 1994 ISP pertama aktif di Indonesia, yaitu Ipteknet.

Baca Juga  Pengertian internet dan Manfaatnya

Baca Juga